Terjawab Sudah! Kenapa Orang Betawi Tidak Pernah Merantau, Beda Banget Sama Orang Jawa

Terjawab Sudah! Kenapa Orang Betawi Tidak Pernah Merantau, Beda Banget Sama Orang Jawa

Suku Betawi  dan Jawa  memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Selain kepribadian dan gaya bicara, salah satu yang juga menjadi perbedaan adalah soal merantau. Orang Betawi dikenal sebagai suku yang orangnya tidak pernah merantau ke luar pulau Jawa, sementara orang Jawa banyak yang merantau keluar dari pulau Jawa.

Orang dari suku Betawi memiliki prinsip hidup yang kuat. Masyarakat Betawi dikenal dengan sifat mereka yang tegas dan berani. Mereka sangat menjaga nilai-nilai persaudaraan. Jadi sangat berat bagi mereka jika harus meninggalkan keluarga atau saudaranya demi harus merantau ke daerah yang cukup jauh.

Tentu selain orang Betawi menjaga persaudaraan dengan erat, di wilayah yang mereka tinggali sebagai kampung halaman yakni Jakarta memiliki banyak lapangan pekerjaan yang bisa mereka kerjakan. Pusat ekonomi ada di Jakarta. Ketika “kampung” Betawi jadi pusat perekonomian, untuk apa merantau ke tempat yang tidak pasti.

Kenapa Orang Betawi Tidak Pernah Merantau, Beda Banget Sama Orang Jawa (Twitter)

Dilansir dari Quora ada seorang warganet yang berdarah Betawi mengatakan bahwa alasan orang Betawi tidak pernah merantau karena semua ada yang mereka butuhkan di Jakarta.

“Karna pusat per ekonomian di jabodetabek daerah mereka sendiri, dan kenapa banyak sekali orang luar kota merantau ke jabodetabek yaps karna pusat per ekonomian di sini adapun suku lain yang merantau ke daerah lain, tentunya daerah per ekonomian yang maju,” tulis warganet itu.

Sementara berbeda dengan orang dari suku Jawa yang banyak merantau dari kampungnya ke Jakarta dan kota-kota besar di pulau dan luar pulau Jawa. Sejak dulu himpitan ekonomi menjadi salah satu alasan banyak orang Jawa merantau. Di kampung halaman mereka sulit mendapatkan pekerjaan, akhirnya berbondong-bondong datang ke Jakarta dan kota besar lain untuk merantau.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"