Kenapa Orang Jawa Harus Menghitung Weton Dulu Sebelum Menikah? Ini Alasannya

Kenapa Orang Jawa Harus Menghitung Weton Dulu Sebelum Menikah? Ini Alasannya

Kita yang terlahir di Indonesia otomatis punya latar belakang suku tertentu. Entah suku Dayak, Suku Batak, Suku Sunda, Suku Jawa, dan masih banyak. Tiap suku punya tradisi dan adat istiadat yang dijunjung tinggi. Termasuk dalam urusan jodoh dan pernikahan.

Suku Jawa misalnya, percaya dan berpegang teguh pada soal weton. Sehingga untuk menikah, mereka tak bisa asal menikah. Keluarga harus menghitung weton terlebih dahulu untuk menentukan tanggal yang tepat.

Nah, apa itu weton? Kenapa mereka harus menghitungnya?

# Arti Weton dan Fungsinya

# Arti Weton dan Fungsinya Pernikahan adat Jawa (lifestyle.okezone.com)

Weton adalah waktu kelahiran dalam kalender Jawa. Weton harus dicocokkan atau dihitung tujuannya agar rumah tangga pasangan yang menikah bisa berjalan dengan baik dan langgeng.

Tak cuma untuk urusan rumah tangga. Orang Jawa juga menghitung weton agar urusan pekerjaan, dan kehidupan lainnya bisa lancar.

Seringkali, karena aturan ini, banyak pasangan Jawa yang tak jadi menikah karena dianggap tak cocok secara weton. Tentu itu bagi yang percaya saja. 

Sebab bagi orang Jawa yang sudah modern, mereka akan tetap menikah tanpa perhitungan weton. Atau, meskipun tak cocok secara weton dengan pasangannya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"