Tak Asal Dibangun, Angka-angka Misterius Ini Buktikan Perhitungan Pembangunan Candi Borobudur

Tak Asal Dibangun, Angka-angka Misterius Ini Buktikan Perhitungan Pembangunan Candi Borobudur

Oke gengs, kita jalan-jalan kuy ke Candi Borobudur. Candi yang terletak di Jawa Tengah ini emang unik banget dan disebut sebagai bangunan candi terbesar di dunia.

Candi Borobudur sendiri terletak di sebuah bukit kecil di antara dua sungai, Sungai Elo dan Sungai Progo. Bangunan candi ini juga memiliki pemandangan berupa dua gunung besar, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di sisi timurnya.

Candi Borobudur, candi terbesar di dunia (lifepal.co.id)

Nah, Candi Borobudur juga jadi peninggalan bersejarah yang penting buat Indonesia. Candi ini diyakini dibangun padatahun 800-an Masehi oleh para penganut Buddha Mahayana di masa pemerintahan Wangsa Syailendra.

Selain itu, ada informasi yang perlu kamu tau juga nih gengs. Meski dibangun lebih dari 1.200 tahun lalu, Candi Borobudur ternyata gak dibangun asal-asalan loh. Setiap detail bangunan ini dibangun lewat perhitungan. 

Nah, dari sisa-sisa bangunan Candi Borobudur yang sekarang, kita bisa lihat berbagai petunjuk berupa perhitugan tadi. Lalu, muncullah sejumlah angka-angka misterius yang akan memberikan kita petunjuk yang lebih besar lagi.

Ayo kita mulai!

Candi Borobudur tinggi totalnya mencapai 31,5 meter (kompas.com)

Bangunan Candi Borobudur sebenernya punya tinggi 42 meter. Tapi sebelumnya, bangunan yang direstorasi tahun 1911 ini pernah tersambar petir. Maka ketinggian totalnya sekarang hanya 31,5 meter.

Candi Borobudur punya panjang dan lebar 123 meter. Seluruh bangunan candi terbuat dari batu yang ditumpuk dan disusun-susun. Candi ini diperkirakan tersusun atas 55.000 m3 batu-batuan. Batu-batuannya sendiri adalah jenis andesit atau batu kali yang diambil dari sungai-sungai di sekitarnya.

Selanjutnya, bangunan candi ini masuk dalam jenis stupa yang memiliki 10 tingkat berundak-undak. 10 tingkatan itu diyakini mewakili 10 raja Wangsa Syailendra yang berkuasa pada zamannya.

Lebih jauh, Candi Borobudur memiliki 504 arca Buddha. 72 arca di antaranya berada di dalam stupa yang bolong-bolong itu loh. Sementara 432 buah arca lainnya berada di stupa terbuka.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"