Soeharto Pernah Jadi Salah Satu Orang Terkaya di Dunia? Cek Dulu Faktanya

Soeharto Pernah Jadi Salah Satu Orang Terkaya di Dunia? Cek Dulu Faktanya

Soeharto  adalah mantan Presiden yang menjabat selama 32 tahun di Indonesia. Selama menjadi orang nomor satu di Indonesia, kekayaan Soeharto ditaksir sangat banyak. Kabarnya ia memiliki harta mencapai 4 miliar dollar Amerika atau sekitar Rp 55 triliun.

Dilansir dari Suara, nilai kekayaan fantastis itu tak termasuk dengan aset-aset Soeharto yang cukup banyak mulai dari yayasan-yayasan yang dikelola Soeharto dan keluarga. Lalu ada simpanan lain berupa rumah dan tanah yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Selama menjabat sebagai Presiden, bahkan media asing pun pernah meliput Soeharto. The Washington Post misalnya pada tahun 1998. Kekayaan bersih Soeharto bahkan mencapai 16  miliar dollar Amerika, sementara kekayaan Soeharto ditambah harta anak-anaknya mencapai Rp 30  milia dollar Amerika.

Soeharto Pernah Jadi Salah Satu Orang Terkaya di Dunia, Cek Dulu Faktanya (Minews.ID)

Dari harta yang melimpah, Soeharto pernah dikabarkan menjadi salah satu orang terkaya di dunia pada tahun 1998 versi majalah Forbes. Sejumlah kritikus menduga Soeharto mentransfer kekayaan yang ia miliki di rekening bank rahasia di Eropa.

Meskipun kekayaan besar, namun Soeharto adalah sosok yang sederhana.Soeharto lebih senang tinggal di rumah pribadinya di Jalan Cendana Menteng, Jakarta Pusat,dibandingkan menetap di Istana Kepresidenan. Soeharto juga tidak pernah terlihat mengenakan pakaian mewah atau perhiasan.

Tapi tetap saja banyak mahasiswa, demonstran, hingga sejumlah pihak yang meminta Soeharto mengembalikan kekayaan kepada negara dan rakyat Indonesia karena dituding melakukan KKN atau Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme selama 32 tahun menjabat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"