Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Pastor dan Pendeta, Jangan Sampai Salah Ya

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Pastor dan Pendeta, Jangan Sampai Salah Ya

Bagi yang belum tahu, pastor  dan pendeta  kadang disebut sama. Padahal agama pastor dan pendeta saja sudah berbeda. Meskipun pastor dan pendeta sama-sama memimpin ibadah di gereja. Lalu sebenarnya apa perbedaan pastor dan pendeta yang paling gampang untuk dibedakan?

1.    Agama

Pastor dan pendeta berbeda dari agama yang mereka anut. Pastor beragama Katolik sementara pendeta beragama Kristen Protestan. Mereka biasanya memimpin ibadah misa dan kebaktian dalam gereja, pastor di gereja Katolik dan pendeta di gereja Kristen Protestan.

2.    Jenis Kelamin

Seseorang yang menjadi pastor harus berjenis kelamin laki-laki. Berbeda dengan pastor yang wajib laki-laki, pendeta tidak mengharuskan laki-laki karena wanita juga bisa menjadi pendeta.

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Pastor dan Pendeta, Jangan Sampai Salah Ya (Kapanlagi.com)

3.    Status Pernikahan

Selama menjalani pilihan hidup menggereja sebagai pastor, seorang pastor dilarang untuk menikah dan harus menjalani hidup selibat. Bila pastor dilarang menikah, pendeta diperbolehkan untuk melangsungkan pernikahan dan membangun rumah tangga, termausk memiliki anak.

4.    Pendidikan

Untuk menjadi pastor dan pendeta memang harus melakukan serangkaian pendidikan lebih dulu. Sebelum ditabhiskan jadi pastor, seseorang harus belajar di Seminari dalam kurun waktu yang lumayan lama dalam rentang 9-12 tahun. Bagaimana dengan pendeta? Pendeta juga harus belajar dengan menempuh pendidikan khusus di Sekolah Teologi jurusan pendeta. Waktu yang ditempuh tidak selama pastor.

5.    Waktu  Bertugas

Setiap pastor dalam bertugas diatur oleh Konggregrasi. Biasanya pastor hidup berpindah-pindah dari suatu tempat ke tempat yang lain. Misalnya selama 3-5 tahun seorang pastor ditugaskan untuk menjalani tugasnya di sebuah gereja di kawasan Jawa Tengah.

 Bisa jadi setelah itu, pastor tersebut akan ditempatkan ke daerah lain di Indonesia, bahkan luar negeri. Sementara itu pendeta biasanya akan memiliki hak bertugas di satu gereja secara penuh dan tidak bertugas berpindah-pindah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"