Sering Isi Bensin di SPBU, Kira-kira Berapa Liter Total BBM yang Bisa Disimpan di Tangki SPBU?

Sering Isi Bensin di SPBU, Kira-kira Berapa Liter Total BBM yang Bisa Disimpan di Tangki SPBU?

SPBU  atau pom bensin adalah tempat yang sering dikunjungi pengendara untuk mengisi BBM . Ternyata BBM di SPBU disimpan dalam tangki yang berada di salah satu sudut SPBU. Saat sedang isi BBM pasti pernah melihat penampakan truk pengantar BBM yang sedang mendistribuskan BBM ke dalam tangki SPBU. Berapa liter total BBM yang disimpan dalam tangki?

Dilansir dari GridOto, Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga (Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Persero), Irto Ginting mengatakan bahwa volume BBM yang ditampung di SPBU berbeda-beda atau bervariasi. Menurutnya perbedaan kapasitas tangki BBM tergantung dari masing-masing kebutuhan SPBU.

Namun biasanya satu tangki untuk satu produk BBM seperti Pertalite atau Pertamax 92 dapat menampung puluhan kiloliter (kl). 1 kiloliter sama dengan 1.000 liter BBM. “Satu tangki BBM kapasitasnya bervariasi antara 10 kl sampai dengan 60 kl. Sedangkan untuk satu SPBU memiliki beberapa tangki tergantung jenis BBM yang disediakan,” papar Irto.

Kira-kira Berapa Liter Total BBM yang Disimpan di Tangki SPBU (Kompas Otomotif)

Irto menambahkan bahwa kapasitas tangki per produk BBM tergantung permintaan owner atau pemilik SPBU dalam setiap masing-masing wilayahnya. Namun Pertamina memberikan asumsi volume BBM di SPBU berkisar 10 ribu liter sampai 60 ribu liter untuk satu produk BBM.

Hal itu bisa diasumsikan jika satu SPBU menyedikan empat produk BBM saja, maka jumlah BBM yang disimpan dalam tangki SPBU mencapai 40 ribu liter hingga 240 ribu liter BBM. Jumlah tersebut tentu sangat besar jumlahnya namun juga kemungkinan bisa cepat habis jika ratusan kendaraan setiap hari mengisi BBM di SPBU tersebut.

Saat mengisi BBM di SPBU pengendara mobil diusahakan untuk turun dari kendaraan. Adalah Unit Manager Communication Relation CSR Pertamina MOR III, Eko Kristawan mengatakan bahwa sebaiknya pengendara mobil turun dari kendaraan saat mengisi BBM di SPBU. Eko mengatakan jika kendaraan mengalami kebakaran, maka pengemudi bisa menyelamatkan diri lebih cepat dibandingkan ketika masih berada di dalam mobil.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"