Sederet Bisnis Tommy Soeharto yang Bikin Hartanya Gak Bakal Habis 7 Turunan, Apa Aja Tuh?

Sederet Bisnis Tommy Soeharto yang Bikin Hartanya Gak Bakal Habis 7 Turunan, Apa Aja Tuh?

Anak kelima dari pasangan Presiden Soeharto dan Siti Hartinah, Tommy Soeharto, memang dikenal sebagai seorang bisnisman yang sukses. Saking sukses dan kayanya, konon harta kekayaan Tommy ini tidak akan habis bahkan sampai memiliki 7 keturunan.

Pria yang memiliki nama lengkap Hutomo Mandala Putera ini dikenal sebagai pangeran Cendana. Sebab ia digadang-gadang sebagai ahli waris bapaknya yang memimpin Indonesia selama hampir 32 tahun.

Saat ini Tommy Soeharto berusia 58 tahun. Namun saat peristiwa Gerakan 30 September, ia masih balita yang tidak tahu apa-apa. Ia tidak tahu bahwa Presiden Soekarno terancam lengser waktu itu. Dan bapaknyalah yang justru akan menggantikan kedudukannya.

Setelah Soeharto resmi jadi Presiden Kedua Indonesia, otomatis Tommy Soeharto tumbuh dan merasakan nikmatnya menjadi anak no.1 di Indonesia. 

Meskipun bapaknya seorang Presiden, Tommy justru tidak tertarik terjun ke dunia politik. Ia malah mengikuti jejak para kakaknya untuk berbisnis. 

Tommy Soeharto dan kakak-kakaknya (geotimes.co.id)

Di usia yang masih sangat muda, Tommy sudah menjadi salah satu pengusaha papan atas yang disegani. Bahkan di usia 30, ia telah memiliki banyak perusahaan. Bisnis-bisnisnya berada dalam naungan Grup Humpuss.

Tak main-main. Tommy Soeharto menjangkau berbagai sektor bisnis dalam menjalankan Humpuss. Antara lain: bisnis transportasi, otomotif, konstruksi, properti, dan perdagangan.

Nah ini dia daftar bisnis Tommy yang selama ini memperkuat posisinya di dunia bisnis.

1. PT Humpuss

PT Humpuss yang berdiri tahun 1984 ini ialah perusahaan induk yang dimiliki Tommy Soeharto. Ia mengepalai beberapa perusahaan seperti: PT Humpuss Patragas, PT Humpus Trading, PT Humpus Intermoda Transportasi, PT Humpus Pengolahan Minyak.

Perusahaan ini berpusat di Gedung Granadi Jakarta. Salah satu aset milik Yayasan Supersemar ini ternyata pernah disengketakan karena kasus penyelewengan dana.

Perusahaan ini bergerak di beberapa sektor, seperti: pertanian, properti, aset, bahan kimia, petrochemical.

Ekaputra adalah perusahaan kapal pertama Tommy Soeharto yang dibuat tahun 1986.

2. Hotel Lorin



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"