32 Tahun Berkuasa Jadi Presiden, Berapa Total Kekayaan Soeharto?

32 Tahun Berkuasa Jadi Presiden, Berapa Total Kekayaan Soeharto?

Soeharto  menjadi Presiden selama 32 tahun dari 1966 – 1998. Tentu banyak kekayaan Soeharto yang didapatkan dan bisa dikumpulkan sebagai warisan untuk keluarganya. Presiden ke-2 Indonesia itu kabarnya memiliki total kekayaan mencapai 4 miliar USD atau sekitar Rp 55 triliun.

Konon kekayaan itu hanya dalam bentuk uang saja, belum termasuk aset-aset Soeharto yang lain semisalnya, tanah, bangunan, kendaraan, hingga bisnis-bisnis Soeharto yang cukup banyak. The Washington Post pernah membuat laporan tentang kekayaan Soeharto di tahun 1998.

Dilansir dari Suara, investigas The Washington Post itu menemukan bukti jika kekayaan Soeharto lebih dari 4 miliar USD, malah sekitar 16 miliar USD atau sekitar Rp 200 triliun. Itu belum termasuk dengan total kekayaan keluarga besarnya, termasuk anak-anak dan menantu yang mencapai 30 miliar USD atau Rp 400 triliun lebih.

32 Tahun Berkuasa Jadi Presiden, Berapa Total Kekayaan Soeharto (Tempo.co)

Meskipun memiliki kekayaan yang sangat besar, selama jadi Presiden, Soeharto dikenal masyarakat sebagai sosok yang sederhana. Ia lebih memilih tinggal di kediamannya di Menteng, Jakarta Pusat dibandingkan menetap di Istana Negara. Soeharto beralasan agar dia dan keluarga bisa bersosialisasi dengan masyarakat.

Dalam segi penampilan, pria asal Yogyakarta ini juga tak pernah menunjukan kemewahan dalam hal gaya berpakaian. Padahal majalah sekelas Forbes pernah menyebutkan jika ayah 6 anak itu menjadi salah satu orang paling kaya yang pernah ada di jagat raya ini.

Diduga beberapa kekayaan Soeharto dihasilkan melalui jaringan yayasan amal yang dia pimpin, Kemudian Soeharto juga diduga memiliki banyak rekening tabungan yang dia simpan di bank luar negeri. Makanya tak hanya Soeharto yang sejahtera, sebab anak-anaknya pun hidup mapan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"