Beda dengan Kakak-kakaknya yang Jadi Pengusaha dan Berpolitik, Nasib Anak Bungsu Soeharto Malah Jadi “Tukang Kebun”

Beda dengan Kakak-kakaknya yang Jadi Pengusaha dan Berpolitik, Nasib Anak Bungsu Soeharto Malah Jadi “Tukang Kebun”

Siti Hutami Endang Adiningsih dikenal dengan nama Mamiek Soeharto  adalah anak Soeharto . Kehidupan Mamiek tak pernah disorot seperti kakak dan keponakannya. Mamiek hidup dengan tenang dan nyaman. Termasuk aktivitasnya yang justru tidak mendalami dunia usaha dan politik.

Mantan istri seorang insinyur bernama Pratikno Prayitno Singgih ini memilih untuk berkebun dan melestarikan berbagai jenis tanaman. Saat ini Mamiek diketahui menjadi salah satu pengurus di tempat wisata Taman Buah Mekar Sari, Jawa Barat. “Saya tidak berpolitik, yang berpolitik pak Tommy dan bu Titiek,” ujar Mamiek kepada awak media saat ditemui di acara puncak Bulan HM Soeharto dilansir Merdeka.com.

Mamiek mengurus bisnis Taman Buah Mekar Sari seluas 3.000 hektar. Taman Buah Mekar Sari adalah milik keluarga Soeharto. Selain Taman Buah Mekar Sari, keluarga Soeharto juga memiliki Taman Mini Indonesia Indah yang sempat menjadi kontroversi terkait kepemilikannya beberapa waktu lalu.

Nasib Anak Bungsu Soeharto Malah Putuskan Jadi “Tukang Kebun” (Times Indonesia)

Meski tidak tertarik masuk dunia politik, namun Mamiek pernah menyuarakan agar partisipasi wanita sebagai Anggota DPR ditambah sekitar 30 persen. Hal itu pun mulai dilakukan saat pemilu 1999 setelah era reformasi, mulai banyak politikus wanita yang masuk jadi Anggota DPR.

Lebih banyak mengurus kebun buah, sesekali Mamiek juga aktif dalam kegiatan sosial. Ia mengurus yayasan bernama Dharmais yang juga dimiliki keluarga Soeharto.Mamiek tak sendiri karena dia mengurus hal itu kepada Siti Harijanti Rukmana atau Mbak Tutut. Kegiatan di yayasan itu mulai dari membantu operasi katarak, bagi masyarakat yang tidak mampu.

Kehidupan Mamiek berbeda dengan anak dan cucu Soeharto yang banyak memiliki gurita bisnisnya. Dunia bisnis memang menarik perhatian anak-anak Soeharto dibandingkan politik praktis. Misalnya saja dari dulu sampai sekarang beberapa anak Soeharto seperti Bambang Trihatmodjo dan Tommy Soeharto dikenal masyarakat sebagai orang kaya raya karena memiliki background sebagai pengusaha sejak ayah mereka masih jadi Presiden.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"