Presiden China dan PM Kanada Disebut Berdebat, Ini Fakta Sebenarnya

Presiden China dan PM Kanada Disebut Berdebat, Ini Fakta Sebenarnya

Perhelatan KTT G20 di Bali masih menarik untuk dikenang meskipun sudah berakhir. Salah satu momen yang juga unik adalah saat Presiden China Xi Jinping diduga berdebat dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di tengah-tengah acara G20. Keduanya nampak serius berbincang dan menarik perhatian.

Dalam video yang tersebar di sosial media memang tidak begitu jelas apa yang dibicarakan dua pemimpin negara tersebut. Namun menurut sumber orang dalam pemerintah Kanada menyebut jika Trudeau melontarkan kepanikan kepada Xi Jinping soal dugaan campur tangan pemerintah China di Kanada.

Salah satunya soal dugaan pemerintah China yang ikut campur dalam pemilu Kanada tahun 2019 silam. Intelijen Kanada juga sudah mencium terkait hal itu. Nampaknya Trudeau mengkonfirmasi langsung kepada Xi Jinping terkait dugaan itu.

Presiden China dan PM Kanada Disebut Berdebat, Ini Fakta Sebenarnya (ABC)

Selain dugaan campur tangan China di pemilu Kanada, juga ada kabar bahwa seorang pegawai produsen listrik terbesar di Kanada yang ditangkap belum lama ini karena berusaha mencuri rahasia perdagangan untuk diberikan kepada China.

Pasca pertemuan itu Xi Jinping belum memberikan keterangan resmi terkait hal tersebut. Sementara itu Tredau dalam pernyataannya menyebut bahwa sistem pemerintahan China dan Kanada memang berbeda. “Tak selalu ada keterbukaan yang sama seperti yang bisa dan harus dimiliki pemimpin demokratis,” kata Trudeau dilansir dari CNN Indonesia.

Perbincangan dua pemimpin negara dalam sebuah pertemuan atau konferensi antar negara memang sering terjadi. Biasanya para pemimpin itu membicarakan banyak hal termasuk isu-isu terkini menyangkut hubungan bilateral kedua negara tersebut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"