Perjuangan Biksu Asal Bangladesh dan China Belajar Agama Buddha di Indonesia

Perjuangan Biksu Asal Bangladesh dan China Belajar Agama Buddha di Indonesia

Semenjak abad ke-7 hingga abad ke-11 Masehi, Kerajaan Sriwijaya   di Sumatera Selatan, menjadi pusat pengajaran agama Buddha di Indonesia dan Asia. Sebab banyak biksu-biksu  dari luar Indonesia yang sengaja datang untuk mendalami Buddha.

Di Sriwijaya terdapat biksu yang dikenal memiliki pengetahuan luas tentang agama Buddha bernama Dharmakirti. Sepak terjang Dharmakirti sudah terdengar di banyak tempat lain dan banyak biksu yang ingin belajar langsung kepadanya.

Dikutip dari Indonesia.go.id, salah satu biksu yang datang khusus belajar agama Buddha di Indonesia adalah Atisha Dipankara, seorang biksu dan filosofi Buddha asal Bangladesh, Asia Selatan. Atisha tak hanya datang sendiri, ia rela mengajak 100 murid-muridnya ke Indonesia kala itu.

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya (Kompas.com)

Karena kepopuleran Dharmakirti membuat Atisha ingin datang meskipun harus menempuh perjalanan yang tak mudah dari Bangladesh menuju Sriwijaya. Ia harus mengarungi lautan luas selama beberapa hari dan tiba di Sriwijaya.

Atisha dan 100 muridnya belajar di Sriwijaya selama 13 tahun lamanya, tepatnya dalam rentang tahun 1011 hingga 1023. Ternyata Atisha tak hanya belajar Buddha di Sriwijaya, sebab ia juga mengunjungi Candi Borobudur di Jawa Tengah demi belajar teks Mahayana yang dipahatkan menjadi bangunan Candi Borobudur.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"