Meski Punya Belasan Ribu Toko di Seluruh Indonesia, Tapi Indomaret dan Alfamart Nggak Ada di Sumatera Barat, Apa Alasannya?

Meski Punya Belasan Ribu Toko di Seluruh Indonesia, Tapi Indomaret dan Alfamart Nggak Ada di Sumatera Barat, Apa Alasannya?

Indomaret  dan Alfamart  memiliki belasan ribu toko yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun ada satu provinsi yang tidak akan ditemukan Indomaret dan Alfamart lho, yakni Sumatera Barat. Ternyata hal itu terjadi terkait kondisi sosial budaya masyarakat Minang yang sehari-hari banyak yang membuka toko atau berdagang.

Ternyata keberadaan Indomaret dan Alfamart sejak dulu tidak mendapatkan izin usaha dari Pemerintah Daerah Sumatera Barat. Pemda setempat khawatir kemunculan dua raksasa minimarket itu akan mematikan pedagang kecil di seantero Sumatera Barat yang jumlahnya sangat banyak.

Selain itu karena kemunculan Indomaret dan Alfamart, sebagai minimarket yang cukup berkembang dan menjual banyak sekali keperluan rumah tangga bisa membuat masyarakat lebih tertarik datang ke minimarket dibandingkan belanja di warung.

Meski Punya Belasan Ribu Toko di Seluruh Indonesia, Tapi Indomaret dan Alfamart Nggak Buka di Sumatera Barat (Kompas.com)

Meskipun izin usaha Indomaret dan Minimarket cukup besar dan bisa memberikan pemasukan ke Pemda, namun tetap saja Pemda memilih untuk tidak memberikan izin usaha demi upaya mendorong kemajuan perekonomian bagi pelaku UMKM setempat.

Lalu apakah di Sumatera Barat tidak ada minimarket? Ternyata tetap ada minimarket yang berdiri di beberapa titik, salah satunya di Padang. Minimarket itu memang tidak sebesar Indomaret dan Alfamart. Nama minimarket itu adalah Halal Mart.

Jika Indomaret dan Alfamart merupakan minimarket dengan sistem waralaba, khusus minimarket seperti Halal Mart tersebut dimiliki perseorangan. Dilansir dari CNBC Indonesia, Halal Mart digagas oleh Pemerintah Kota Padang yang menjual barang-barang buatan pedagang tradisional setempat.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"