Mario Dandy Gak Pakai Baju Putih Saat Sidang, Ternyata Ini Ketentuan Berpakaian Bagi Terdakwa

Mario Dandy Gak Pakai Baju Putih Saat Sidang, Ternyata Ini Ketentuan Berpakaian Bagi Terdakwa

Mario Dandy hanya sekali memakai kemeja putih dalam sidang perdana kasus dugaan penganiayaan. Pada sidang-sidang selanjutnya Mario memilih memakai pakaian seperti kemeja batik dan kemeja hitam. Tentu pakaian yang dikenakan Mario mendapatkan sorotan dari banyak orang.

Biasanya seorang terdakwa menggunakan kemeja putih dan celana hitam saat menjalani sidang. Lalu kenapa Mario pernah pakai kemeja batik dan kemeja warna hitam saat sidang? Bahkan JPU sudah pernah memperingatkan Mario agar memakai baju putih setiap menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Izin untuk terdakwa Mario. Terdakwa Mario, dalam persidangan ke depan mohon pakaiannya hitam putih saja,” kata seorang anggota JPU dalam sidang beberapa waktu lalu. Mario yang mendengar langsung menganggukkan kepala. Sayangnya pada sidang berikutnya ia masih tidak memakai baju putih.

Mario Dandy Gak Pakai Baju Putih Saat Sidang (Ayo Jakarta Com)

Sementara itu terdakwa lain yang juga teman Mario Dandy, Shane Lukas mengenakan kemeja putih dan celana hitam setiap menghadiri persidangan. Memang ada dugaan sebagai terdakwa Mario seperti mendapatkan keistimewaan, salah satunya dari pakaian yang dikenakannya selama sidang.

Lalu seperti apa aturan pakaian dalam persidangan yang wajib dikenakan terdakwa? Melansir dari hukumonline, seorang erdakwa dapat menggunakan pakaian apapun. Mulai dari pakaian kemeja putih dan celana hitam, rompi tahanan, hingga baju gamis maupun batik. 

Artinya terdakwa mendapatkan kebebasan berpakaian selama pakaian itu dianggap sopan dan menjaga etika. Meskipun pemakaian kemeja putih paling sering dipakai oleh terdakwa dalam sidang sebagai pembeda antara pengunjung sidang dengan terdakwa.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"