Kaleidoskop 2023: Nasib Mario Dandy dan Rafael Alun, Merana di Penjara dan Jatuh Miskin

Kaleidoskop 2023: Nasib Mario Dandy dan Rafael Alun, Merana di Penjara dan Jatuh Miskin

Kaleidoskop 2023 membahas tentang kehidupan ayah dan anak Mario Dandy dan Rafael Alun Trisambodo. Keduanya sama-sama dijatuhi vonis hukuman penjara dalam kasus yang berbeda, mulai dari penganiayaan dan tindak pidana pencucian uang atau TPPU. Kisahnya bak sinetron. Dulunya mereka bergelimang harta kini jatuh miskin.

Dalam kasus TPPU mantan pejabat pajak itu divonis majelis hakim tipikor selama 14 tahun penjara. Rafael terbukti melakukan tindak pidana korupsi dan pencucian uang selama menjadi pejabat pajak. Rafael juga terbukti menerima gratifikasi dari para wajib pajak berupa uang yang besar. Uang itu digunakan Rafael untuk memperkaya diri.

Hidup Rafael kini merana. Tak hanya harus dipenjara dia juga kehilangan banyak aset-aset pribadinya karena disita oleh Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK). Aset-aset itu antara lain kendaraan mewah seperti mobil dan motor gede (moge), rumah mewah, kontrakan, dan kos-kosan.

Kaleidoskop 2023 Mario Dandy dan Rafael Alun (Suara.com)

KPK juga tak segan untuk memblokir rekening milik ayah Mario Dandy tersebut. Saldo dalam rekening bank yang kabarnya mencapai miliaran semuanya lenyap. Hal itu diungap Rafael ketika menjalani persidangan. “Rekening saya diblokir, saya tahu dari istri kalau saldonya sudah habis,” ujarnya.

Lalu bagaimana dengan Mario anak Rafael? Kasus Mario terjadi karena melakukan penganiayaan kepada David Ozora. Penganiayaan berat itu dilakukan Mario karena merasa korbannya pernah melecehkan pacarnya saat itu, Maria Agnes. Penganiayaan Mario membuat David menjalani perawatan hampir tiga bulan di rumah sakit bahkan sempat koma.

Mario memang sudah meminta maaf. Namun proses hukum jalan terus. Majelis hakim menjatuhkan hukuman 12 tahun penjara kepada Mario. Mario sempat tak terima dan mengajukan banding. Tetapi banding tersebut ditolak dan Mario tetap harus menjalani hukuman penjara selama 12 tahun.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"