Kenapa Ya, Orang Jaman Dulu Gak Pernah Senyum Pas Difoto? Ini Alasannya...

Kenapa Ya, Orang Jaman Dulu Gak Pernah Senyum Pas Difoto? Ini Alasannya...

Gengs, kalian pasti pernah ngeliat foto-foto jadul kan? Apa sih pendapat kalian tentang foto-foto jadul? 

Sebagian dari kalian mungkin berpedapat kalo foto jadul tuh ya hitam-putih aja. Minim gaya. Tapi gaya busananya kece banget, beberapa aksesoris, gaya rambut, dan lain-lain juga bisa bikin kalian mupeng tuh. Iya gak? Hehehe.

Satu hal lagi nih, kalian sadar gak sih kalo foto-foto orang jaman dulu tuh gak ada yang pernah senyum. Kalo gak percaya, cek aja semua foto jaman dulu. Apalagi yang masih hitam-putih lho ya.

Buat kalian yang penasaran alasannya, majalah Time via Liputan6.com pernah bikin ulasannya. Simak deh alasan kenapa orang jaman dulu gak pernah senyum pas difoto.

1. Soalnya, proses ngambil fotonya tuh lama...

1. Soalnya, proses ngambil fotonya tuh lama... Liat aja tuh, ribet banget pake diukur-ukur segala (servatius.blogspot.com)

Masyarakat jaman dulu tuh harus menunggu lama untuk sebuah pengambilan gambar. Mereka harus dandan, pake pakaian bagus, menghadap kamera dengan tampang kaku, terus dijepret.

"Jika kita melihat proses awalnya, itu akan sangat rumit. Hal yang paling lama untuk dilakukan adalah proses pengaturan cahaya," kata Todd Gustavsson, seorang kurator teknologi dari Museum George Eastman.

Jadi wajar deh, prosesnya lama karena teknologi di jaman itu belum mumpuni banget untuk bisa foto berulang kali. Karena prosesnya lama, ya jadi susah deh mau senyum pas difoto.

Beda sama kegiatan foto di jaman sekarang yang bisa berkali-kali di mana aja dan kapan aja. Kita juga bisa senyum sampe gigi kita kering.

2. Soalnya, kondisi gigi di jaman itu, buruk...

2. Soalnya, kondisi gigi di jaman itu, buruk... Tuh liat, pada mingkem semuwah! (ppibelanda.org)

Besar kemungkinan kenapa orang jaman dulu gak pernah senyum pas difoto tuh ya karena masalah kesehatan gigi.

Angus Tremble, Direktur National Potrait Gallery di Australia menyatakan bahwa hal itu ada benarnya. Direktur yang juga penulis buku "A Brief History of the Smile" ini menjelaskan kalo seseorang yang mengalami masalah pada gigi cenderung untuk menutup mulutnya saat difoto.

Menurut Tremble itu normal, semua orang akan melakukan itu. Meski begitu, banyak orang yang tak sependapat dengan pernyataan Tremble ini.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"