Apa yang membuat kamu merasakan kebahagiaan? Coba deh, sadari dan lakukan 11 hal ini sekarang. Sederhana dan nggak muluk-muluk kok.

Kita mesti sama-sama belajar untuk merasakan kebahagiaan dari hal-hal kecil. Nggak kecil sih. Tapi bermakna. Beda ukuran tapi bisa menghasilkan efek yang dahsyat. 

Ada tindakan, kebiasaan, ingatan, uang, sikap yang bisa mempengaruhi kehidupan. Termasuk cara menggapai kebahagiaan. Mungkin kamu sering melakukan kebiasaan. Sampai nggak sadar kalo itu bisa membuatmu bahagia. Ya, karena berulang-ulang sudah dilakukan. Sampe hapal dan nggak ngerasain apa-apa. 

Jika kamu melakukan 11 hal ini dari sekarang. Pasti merengkuh kebahagiaan. 

Menikmati

Kenapa nggak merasa apa-apa atau ngerasa hidup datar-datar aja? Mungkin kamu kurang menikmati kebiasaan kecil yang sering kamu lakukan. Misal, melihat anak-anak tetangga berkejaran dan bermain. Bisa juga kamu mencium bau wangi bunga. 

Proses menikmati sebenernya ada di tanganmu. Coba sensitif dan memaksimalkan semua indera. Seperti indera penglihatan dan penciuman seperti di contoh kebiasaan.  

Rumput tetangga tidak lebih hijau, tetapi sama-sama hijau atau tidak memikirkannya

Kebahagiaan dicapai bukan dengan mencari perbandingan. Mereka dan aku, atau aku dan kamu, punya cara masing-masing untuk mendapatkan kebahagiaan. Dengan membangdingkan diri dengan yang lain. Menurut psikolog Lyubomirsky, bisa merusak kebahagiaan itu sendiri. 

Coba bikin list berisi apa saja yang sudah kamu capai hari ini. Sudah bangun pagi. Sarapan susu dan telur rebus. Sudah mengumpulkan tugas tepat waktu. Sudah tertib berlalu lintas dan lain sebagainya. Hal-hal kecil yang sudah dilakukan seharian adalah capaian. Hindari membandingkan dengan capaian orang lain. Bahkan membandingkan dengan capaian yang lebih sepele. 

Menghargai waktu

Waktu adalah sebuah penghargaan yang diberikan Sang Pencipta buat kamu. Bukan uang dan kesibukan bahkan jabatan. Uang, kesibukan, ambisi meraih jabatan akan beresiko membuatmu menjadi lebih cemas dan jadi rendah diri.

Hargai deh proses yang sedang berjalan. Nikmati setiap waktu yang berdetak seperti detak jantungmu. Sedekat  dan sebermakna itu.

Menikmati suasana (@quanlightwriter/usnplash.com)

Kesenangan dan makna 

Mendapatkan kesenangan pribadi bisa membuat hidup bermakna. Manusia butuh merasa berarti dan berkembang. Untuk mendapatkan itu, kamu bisa mengambil kelas tambahan. Misal kelas merajut, kelas fotografi, atau kelas bahasa Prancis. 

Melakukan hal bermanfaat

Gampangnya sih kamu punya inisiatif untuk melakukan sesuatu. Kalo yang bermanfaat buat dirimu sendiri sih, misal mengekspresikan kreativitasmu. Kalo kamu pandai menyusun kata, coba deh nulis karya sastra. Atau, kamu punya inisiatif buat bikin kegiatan diskusi di kampus atau di tempat kerja. 

Melakukan hal bermanfaat buat dirimu sendiri atau sekitarmu bisa membuat merasakan kebahagiaan.

Habiskan waktu bersama teman

Menikmati waktu bersama teman bisa mendukungmu merasa bahagia. Kamu bisa bikin acara camping atau nginep di kosan temen suatu kali waktu. Hubungan pertemanan yang baik juga bisa menambah amunisi jadi bahagia.

Jangan lupakan keluarga

Sesibuk apa pun kamu mencari kebahagiaan. Jangan lah sepelekan dan mengabaikan keluarga. Sekali waktu buat momen hangat bersama ayah dan mama. Sekolot apa pun mereka atau sesibuk apa pun mereka tetaplah keluarga yang membuatmu 'ada'.



Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations