Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Manusia Setelah Makan Makanan yang Pedas

Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Manusia Setelah Makan Makanan yang Pedas

Kamu suka makan makanan panas? Wah, brarti kamu tahu persis apa saja efek dari makanan pedas. Efek ini biasanya timbul dari kandungan dalam makanan pedas yaitu capsaicin. Sebuah bahan kimia kecil yang dapat ditemukan pada cabai.

Kalau kamu penasaran, sebenarnya efek apa yang dibawa capsaicin ke tubuhmu sehingga tubuhmu mengeluarkan reaksi tertentu. Yuk, baca penjelasannya berikut ini!

# Yang Terjadi Pada Tubuh Manusia Ketika Makan Makanan Pedas

Youtuber Tanboy Kun yang Kepedesan makan mie pedas (food.detik.com)

Capsaicin mengiritasi semua mamalia, dan menyebabkan sensasi terbakar saat bersentuhan dengan kulit atau selaput lendir. Di mulut, capsaicin melewati indera perasamu dan mengikat reseptor nyeri di lidah yang disebut TRPV1. 

Sebagai informasi, lidahmu memiliki banyak ujung saraf, jadi ketika capsaicin mengenai area itu dan memicu respons kimiawi antara ujung saraf, yang mengirimkan sinyal ke otak. Penjelasan itu diberikan oleh Dr. Vivek Kumbhari, direktur endoskopi bariatrik di Johns Hopkins Medicine di Baltimore

Capsaicin juga mengikat reseptor di lidah yang mendeteksi panas, itulah sebabnya makanan pedas terasa "panas".

Jadi "kepedasan" bukanlah rasa, melainkan sensasi nyeri dan panas yang dihasilkan oleh reaksi kimia antara capsaicin dan neuron sensorik. Lada itu sendiri mungkin memiliki rasa tersendiri, tetapi "kepedasan" bukanlah salah satunya. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"