Inilah Kepanjangan ‘MD’ di Nama Mahfud MD

Inilah Kepanjangan ‘MD’ di Nama Mahfud MD

Mahfud MD saat ini menjabat Menteri Kordinator Politik Hukum dan HAM atau Menkopolhukam. Unik dari sosok  Mahfud MD karena kepanjangan nama Mahfud MD dicari banyak orang. Tidak sedikit yang penasaran dengan kepanjangan MD atau arti nama MD tersebut. Lalu apa sebenarnya arti MD?

Pada tahun 2019 silam lewat cuitan di Twitter (sekarang X), mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menjelaskan asal-usul nama MD dijadikan nama belakangnya. Pria berdarah Madura ini lahir dengan nama Muhammad Mahfud tidak memakai nama MD di belakangnya.

Saat Mahfud duduk di bangku SMP atau nama MD muncul dan dipakai sampai sekarang. Nama MD adalah kependekan dari Mahmodin nama ayah Mahfud.Di kelas Mahfud ada tiga siswa yang sama-sama bernama Mahfud. Untuk memudahkan guru maka nama orangtua masing-masing disematkan di belakang nama Mahfud.

Kepanjangan ‘MD’ di Nama Mahfud MD (Metro Jambi)

“Dulu nama saya Muhammad Mahfud sj tp krn di satu kelas SMTP ada 3 orang bernama Mahfud maka masing2 disambung dgn nama orang tuanya. Singkatan nama orng tua sy MD, jadilah Mahfud MD. Ternyata bnyk ya yg pakai nama kita. Mahfud artinya terpelihara,” cuit Mahfud MD.

Ternyata warganet banyak yang menduga jika MD di belakang nama Mahfud MD bukan Mahmodin melainkan istilah lain, seperti MD yang berarti Madura karena Mahfud memiliki darah Madura atau MD yang dimaksud Muhammadiyah sebuah ormas Islam di Indonesia. 

Mahfud lahir pada 13 Mei 1957. Ayahnya bernama Mahmodin dan ibunya Siti Khadijah. Mahfud memiliki istri bernama Zaizaton Nihajati dengan tiga orang anak masing-masing bernama Mohammad Ikhwan Zain, Vina Amalia, dan Royhan Akbar. Nah, salah satu anak Mahfud yakni Vina Amalia diam-diam merahasiakan identitasnya sebagai anak pejabat saat kuliah di Fakultas Kedokteran.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"