Inilah Fakta Ilmiah, Mengapa Air Zamzam Tidak Pernah Habis

Inilah Fakta Ilmiah, Mengapa Air Zamzam Tidak Pernah Habis
Ilustrasi Air Zamzam (Pinterest)

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Air terbaik di seluruh muka bumi adalah air zam zam” (HR. Ath Thabrani)

Gengs, pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa meski selalu dikonsumsi bahkan dalam jumlah yang sangat besar, air zamzam tak pernah habis?

Konon, sumur zamzam di Mekkah memang tak pernah surut meski setiap hari diambil sumber airnya.

Biar nggak penasaran, yuk kita simak ulasan berikut!

Dalam pandangan hidrologi sumur ini adalah sumur yang sama dengan sumur gali biasa, tempat ini perlu dijaga, hal ini untuk menjaga kualitas airnya dan memastikan kebutuhan jamaah terpenuhi.

Adapun fakta ilmiah membuktikan bahwa sumur air zamzam tersebut, sampai saat ini tidak pernah ada habisnya.

Dilansir dari YouTube Islam Populer, tanggal, 27 November 2020, mengenai air zamzam yang tak pernah habis, Ir.Tariq Husain seorang ahli kimia mendapat mandat untuk menyelidikinya.

Pabrik Air Zamzam (Portal Berita Bisnis Wisata)

Ir.Tariq Husain, berkeinginan memecahkan alasan air zamzam terus melimpah, walaupun banyak yang menggunakannya

Ukuran sumur air zamzam hanya 5x4 meter, sumur ini telah ribuan tahun beroperasi, yaitu sekitar 4.000 tahun yang lalu sesuai kalender Hijriah, dan terletak di sebelah timur Kabah atau 21 meter dekat halaman Masjidil Haram.

Sumur ini mampu memancarkan air 11-18 liter per detik, jadi setiap menit dapat dihasilkan 660 liter per menit.

Hal ini dikarenakan reservoir terhubung ke air tanah yang terbarukan, sehingga tidak akan mengering kecuali dalam kondisi tertentu.

Lebih lanjut, sumber air di sumur Zamzam berasal dari air hujan yang mengendap di Mekkah. Ada endapan sungai sedalam 14 meter yang disebabkan oleh air hujan di pegunungan yang jatuh ke dataran rendah dan berubah menjadi endapan. 

Proses ini membutuhkan jutaan tahun hingga akhirnya terbentuk sumur Zamzam sedalam 14 meter. Di bagian paling bawah, ada bebatuan yang berkumpul menyebabkan sumur memiliki kedalaman total 35 meter, sedimen sedalam 14 meter dan 21 meter bebatuan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"