Ini Lho Alasan Kenapa Sopir Bus AKAP Sering Banget Putar Musik Kencang di Perjalanan

Ini Lho Alasan Kenapa Sopir Bus AKAP Sering Banget Putar Musik Kencang di Perjalanan

Pernah naik bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP)? Tentu bagi yang sering naik, pasti kedua telinga sudah sering mendengar musik-musik yang diputar di dalam bus oleh sopir dengan volume suara yang kencang. Kadang suka kesal juga sih karena penumpang mau tidur dalam perjalanan, tapi malah diputar lagu yang membuat suasana jadi bising.

Ternyata sopir yang melakukan itu biasanya tidak hanya untuk menghibur penumpang saja, melainkan menjaga keselamatan penumpang. Baru-baru ini sebuah video yang diunggah oleh pemilik akun TikTok @travelowkey menjelaskan penyebab sopir bus suka menyetel lagu, bahkan pada malam hari.

"Jangan kesal dulu, siapa tahu itu tanda ada maling di bus kamu. Ini sudah jadi salah satu tanda dalam bus AKAP," tulis postingan tersebut. Sementara Edy Kuncoro selaku Moderator Jakarta Komunitas Bismania Indonesia mengatakan jika suara musik dalam bus merupakan cara baru yang dilakukan oleh sopir untuk menunjukan bahwa di dalam bus ada copet.

Ilustrasi Sopir Bus AKAP (Ayobandung.com)

Menurutnya hal itu dirasa kurang efektif, sebab seharusnya sopir bus dan kernet menyalakan lampu di dalam bus saat malam hari agar penerangan bus terlihat, sehingga bagi orang yang mau melakukan kejahatan di dalam bus akan berpikir berkali-kali karena lampu dinyalakan.

"Justru kalo cara lama itu lampu kabin itu dinyalakan sepanjang perjalanan, dan crew di bus itu ada 2-3 (kondektur dan driver cadangan) untuk standby di depan dan belakang untuk memantau gerak gerik yang terduga copet," ujar Edy dilansir dari Kumparan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"