Ternyata Boleh Kok BAB di Toilet Bus AKAP, Tapi Ada Syaratnya Nih

Ternyata Boleh Kok BAB di Toilet Bus AKAP, Tapi Ada Syaratnya Nih

Bus AKAP di Indonesia dilengkapi dengan fasilitas toilet. Biasanya toilet hanya dipergunakan untuk buang air kecil saja, tidak untuk buang air besar atau BAB. Soal aturan BAB di toilet bus AKAP masih jadi pro dan kontra. Sebab ada yang bilang diperbolehkan ada juga yang tidak diperbolehkan.

Melansir dari Kompas.com, Werry Yulianto sebagai Export Manager Karoseri Laksana mengatakan saat ini banyak bus AKAP di Indonesia yang dirancang menggunakan septic tank. Maka jika bus AKAP lengkap septik tank, maka penumpang bus boleh BAB di toilet saat bus sedang berjalan atau berhenti.

“Kalau toilet tidak pakai septic tank maka tidak bisa untuk buang air besar. Kalau toilet pakai septic tank biasanya pembuangan  tidak langsung jatuh ke jalanan,” ujar Werry. Beberapa waktu silam sempat ada kejadian viral dimana saat bus sedang isi bensin di SPBU, mendadak dari dalam bus keluar kotoran manusia. Bus tersebut kemungkinan tidak dilengkapi dengan septic tank.

BAB di Toilet Bus AKAP (Kompas Otomotif)

Hal serupa diungkapkan oleh salah seorang sopir bus dari PO Indorent bernama Rudy. Soal aturan BAB di toilet bus AKAP, ia yang pernah jadi sopir bus di Arab Saudi menyebut, bahwa bus-bus di Arab Saudi sudah banyak yang memiliki septic tank sehingga penumpang bisa melakukan BAB.

“Disana bus sudah pakai septic tank. Jadi bisa untuk buang air besar. Di Indonesia saat ini juga sudah ada beberapa bus yang menggunakan septic tank, namun kebanyakan belum,” kata Rudy. Bus yang tidak memiliki septic tank hanya mengizinkan penumpang melakukan buang air kecil saja. 

Tapi terkadang ada juga sopir dan kernet bus yang melarang jika penumpang masuk ke toilet ketika bus berhenti, artinya toilet hanya boleh digunakan ketika bus dalam keadaan berjalan.Memang apa yang membuat toilet cuma bisa dipakai ketika bus berjalan? Hal ini ada kaitannya dengan kondisi dimana tidak semua bus memiliki fasilitas untuk menampung kotoran yang dibuang penumpang, seperti septic tank.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"