PO Bus AKAP Ini Punya Rute Paling Jauh se-Indonesia, Penasaran?

PO Bus AKAP Ini Punya Rute Paling Jauh se-Indonesia, Penasaran?

Bus AKAP merupakan transportasi yang memiliki rute antar daerah atau kota dan provinsi. Ternyata di ndonesia ada rute bus AKAP paling jauh se-Indonesia. Rute bus ini mengantarkan penumpang dari Jember, Jawa Timur hingga Medan di Sumatera Utara atau sebaliknya. PO bus AKAP itu adalah ALS atau Antar Lintas Sumatera.

PO Bus AKAP ALS adalah perusahaan bus yang terkenal di Indonesia dengan jarak tempuh dan rute yang sangat jauh. ALS adalah PO bus AKAP yang berasal dari Mandailing, Sumatera Utara. PO Bus AKAP ini sudah beroperasi pada tahun 1966. Saking terkenalnya, PO bus ini dijuluki sebagai raja jalanan di Sumatera.

ALS memang banyak menghadirkan rute-rute dari Sumatera menuju Jawa. Memang Jember menuju Medan atau sebaliknya adalah rute paling panjang karena menempuh jarak sejauh 3.000 kilometer. Perjalanan ini memakan waktu sampai tiga hari. Untungnya di Pulau Sumatera dan Jawa saat ini ada jalan tol sehingga waktu tempuh dipangkas lebih cepat.

PO Bus AKAP Ini Punya Rute Paling Jauh di Indonesia (Detikcom)

Jumlah penumpang bus AKAP ini sangat banyak. Sebab banyak orang yang memilih naik bus AKAP dibandingkan dengan pesawat saat hendak menuju Medan atau Jember. Harga tiket pesawat terbang yang mahal mencapai jutaan, tentu jika penumpang naik bus AKAP akan mengeluarkan uang lebih murah.

Jika diperhatikan bus ALS dengan rute Medan-Jember ini berukuran besar. Bahkan di atas bus itu ada bagasi yang bisa digunakan untuk meletakan barang-barang penumpang. Untuk harga tiket bus ALS ini beragam nominalnya dari harga Rp 415 ribu – Rp 616 ribu dengan ragam kelas Eksekutif dan Super Eksekutif.

Memang bus ALS banyak beroperasi di Sumatera. Biasanya di Sumaetra tersebut memiliki ciri yang unik dengan menggunakan tameng besi di bagian kaca depan. Pemasangan tameng tersebut ternyata bukan sekedar untuk gaya-gayaan saja karena disesuaikan dengan rute bus yang dilewatinya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"