Ini Dia Kereta Api dengan Rute Terpanjang yang Pernah Ada di Indonesia

Ini Dia Kereta Api dengan Rute Terpanjang yang Pernah Ada di Indonesia

Kereta api yang memiliki rute terpanjang yakni Krakatau. Tercatat kereta kelas ekonomi ini menempuh perjalanan sejauh 945 kilometer dari Merak, Banten menuju Blitar, Jawa Timur. Total ada 6 provinsi yang dilewati kereta tersebut yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Krakatau pertama kali beroperasi pada tahun 2013. Namun perjalanannya hanya bertahan selama 4 tahun saja karena di tahun 2017 PT KAI menghapus rute Krakatau karena jumlah penumpang yang sedikit dari Merak menuju arah Jakarta dan sampai ke Jawa Timur.

Kemudian pada tahun 2017 itu kereta itu pun diubah namanya dari Krakatau menjadi Singasari. Namun kereta Singasari kini hanya melayani rute perjalanan dari Jakarta Pasar Senen menuju Blitar dan Blitar menuju Jakarta Pasar Senen.

Ini Dia Kereta Api dengan Rute Terpanjang yang Pernah Ada di Indonesia (Liputan6.com)

Namun kini setelah Krakatau “pensiun” penggantinya adalah kereta Gajayana. Kereta api kelas eksekutif ini menempuh jarak sepanjang 906 kilometer dengan rute Jakarta menuju Malang dan Malang menuju Jakarta, Jawa Timur. Karena melayani rute cukup panjang membuat kereta Gajayana ini memerlukan BBM jenis B30 sebanyak 3000 liter. 

Perjalanan kereta Gajayana memakan waktu sekitar 12 jam 33 menit. Kereta ini melewati 5 provinsi sepanjang perjalanannya, mulai dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur. Untuk keberangkatan dari Jakarta sekitar pukul 18.40 WIB dan keberangkatan dari Malang sekitar 14.25 WIB.

Kereta ini pertama kali beroperasi pada tahun 1999. Nama Gajayana sendiri diambil dari nama seorang raja di Kerajaan Kanjuruhan pada tahun 760-789 masehi di kawasan Malang. Sebenarnya selain Gajayana ada kereta Bima yang juga memiliki relasi Jakarta – Malang dan Malang – Jakarta.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"