Hak dan Kewajiban Anak di Rumah Apa Aja? Kenali Dulu Yuk

Hak dan Kewajiban Anak di Rumah Apa Aja? Kenali Dulu Yuk

Sebagai seorang anak, kamu harus paham lho hak dan kewajiban di rumah.

Hubungan orang tua dan anak akan berlangsung sepanjang masa. Sebagai anak, kita nggak akan pernah bisa begitu saja lepas komunikasi dengan orang tua kita.

Meskipun banyak dari Paragengs yang sudah nggak jadi satu dengan orang tua, misal dengan alasan belajar atau bekerja, bukan berarti kita bisa begitu saja melupakan hak dan kewajiban anak di rumah.

Hak dan kewajiban (abanaonline.com)

Yah, bukan bermaksud menggurui, sih. Tapi, lebih tepatnya berbagi pengalaman dan informasi. Setidaknya, bisa membuatmu lebih menghargai kehadiran orang tua. Biar nggak menyesal di akhirnya, saat beliau, mereka, meninggalkan kita untuk selama-lamanya.

Nah, untuk itu, yuk simak aja artikel di bawah. Setidaknya bisa membantumu untuk bersikap dan menghargai kerja keras dan kasih sayang yang sudah diberikan orang tua kepada kita. Cekidot, kuy.

Kewajiban anak di rumah

Sebenarnya, ada banyak hal yang bisa kita sebutkan ketika membicarakan kewajiban anak di rumah. Namun, biar nggak terlalu panjang, kewajiban ini akan disingkat jadi beberapa aja oleh tim Paragram.

Mungkin kamu pernah bertanya, apa alasannya kita harus melakukan hal yang nggak kita mau. Dan terkadang, kewajiban adalah hal yang berat untuk dilakukan. Apalagi kewajiban di rumah, yang nggak terlalu jelas apa imbal-baliknya bagi kita.

Namun, tanpa kamu sadari, ada hal-hal yang bakal kamu dapatkan dengan rajin menjalankannya. Yang terutama, kamu bisa lebih meringankan beban orang tua. 

Contoh aja nih untuk kewajiban anak, yakni menjaga kebersihan rumah. Bayangkan aja, kalau orang tua sudah lelah seharian bekerja tapi pulang dan melihat kondisi rumah berantakan. Tentu kamu jadi sasaran kemarahan.

Hak dan kewajiban (merries.co.id)

Apalagi kalau usiamu sudah nggak lagi usia yang seharusnya untuk dimarahi terus menerus. Seiring perkembangan ego manusia, tentu kamu nggak akan tahan kan untuk dikasih wejangan. 

Untuk itu, menjaga sikap kala berada di rumah pun penting dilakukan. Selain itu, hal yang wajib kamu lakukan kala berada di rumah adalah menaati peraturan yang sudah ditetapkan, saling menghormati dengan penghuni rumah yang lain, dan menjalankan apa yang sudah diberikan sebagai tanggung jawab.

Hak anak di rumah

Hak dan kewajiban adalah sesuatu yang ada seiring sejalan. Jika kamu menjalankan kewajiban tanpa mendapatkan hak, tentu akan malas rasanya untuk melakukan terus menerus.

Untuk itu, kamu pun perlu mengetahui apa yang sudah menjadi hakmu. Dengan mengetahuinya, kamu bisa menuntut kala orang tua lalai atau lupa untuk memberikannya.

Hak dan kewajiban (kompasiana.com)

Hak-hak yang bisa didapatkan anak dari orang tua antara lain hak untuk mendapatkan makan, perlindungan, keamanan, bimbingan saat belajar dan kesejahteraan hidup.

Coba deh dipikirkan ulang, sudah kah kamu mendapatkan hak-hak yang disebutkan di atas? Jika belum, coba renungkan lagi, apakah kamu sudah melakukan hal yang menjadi kewajiban? Kalau belum, bisa jadi itu masalahnya.

Selesai sudah penjelasan mengenai hak dan kewajiban anak di rumah. Semoga, buat Paragengs, bisa lebih mengetahui dan memahami hak dan kewajiban saat di rumah, ya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"