Dirjen Pajak Punya Kekayaan Segini, Kalah Jauh dari Ayah Mario Dandy Eks Pejabat Pajak

Dirjen Pajak Punya Kekayaan Segini, Kalah Jauh dari Ayah Mario Dandy Eks Pejabat Pajak

Rafael Alun Trisambodo merupakan eks pejabat pajak yang juga ayah dari  Mario Dandy. Dandy menjadi tersangka dalam kasus dugaan penganiayaan kepada David. Kekayaan Rafael disorot karena berharta Rp 56 miliar. Lalu berapa kekayaan Dirjen Pajak Suryo Utomo. Benarkah lebih kecil dari harya yang dimiliki eks anak buahnya?

Melansir dari beberapa sumber, Suryo Utomo menjadi orang nomor satu di Dirjen Pajak pada tahun 2019. Ia adalah lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro tahun 1992. Kemudian melanjutkan pendidikan magister di Amerika Serikat di University of Southern California. Suryo mengawali karier sebagai pegawai negeri sipil pada 1993.

Menurut catatan kekayaan Suryo Utomo di LHKPN diketahui bahwa Suryo hanya memiliki kekayaan sekitar Rp 14,45 miliar. Angka ini memiliki kenaikan dari kekayaan di tahun 2020 lalu yang mencapai Rp 12,09 miliar.  Jika dibandingkan dengan Rafael, harta yang dimiliki Suryo memang jauh lebih kecil.

Kekayaan Dirjen Pajak (Tempo.co)

Kekayaan Dirjen Pajak Suryo Utomo memang kalah dari Rafael. Tapi Suryo disebut sebagai PNS yang memiliki penghasilan terbesar di Indonesia saat ini. aji PNS  terendah yakni golongan I berkisar antara Rp 1.560.800 – Rp 2.685.500. Direktorat Jenderal Pajak atau DJP adalah instansi yang disebut-sebut sebagai “lahan basah” karena pendapatan yang cukup besar.

Jika pegawai DJP saja hidup makmur, bagaimana dengan orang nomor satu di DJP seperti Suryo ini. Selain dapat gaji, pegawai DJP juga mendapatkan tukin atau tunjangan kinerja yang lumayan besar. Melansir dari CNBC Indonesia dalam sebulan, Suryo bisa mendapatkan total gaji sebesar Rp 117.375.000. 

Pendapatan besar itu selain gaji juga berasal dari tunjangan-tunjangan lain, termasuk dengan tukin tersebut. Tentu saja dengan pendapatan bulanan sekitar Rp 117 juta, Suryo bisa saja membeli mobil setiap gajian. Melansir dari Detik, Suryo memiliki kendaraan roda dua dan roda empat yang cukup berkelas.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"