Berharta Selangit, Intip Daftar Pejabat Pajak yang Punya Moge

Berharta Selangit, Intip Daftar Pejabat Pajak yang Punya Moge

Menjadi seorang pejabat pajak di Direktorat Jenderal Pajak atau DJP seakan menjadi jaminan memiliki kekayaan yang melimpah. Bahkan beberapa pejabat pajak yang punya moge atau motor gede dengan harga yang berkisar puluhan hingga ratusan juta. Perkumpulan pencinta moge di DJP pun membentuk klub motor.

Klub motor tersebut bernama Belasting Rijder. Sayangnya baru-baru ini Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah meminta agar klub motor tersebut dibubarkan saja. Hal itu menjadi bukti bahwa beberapa pejabat pajak memang hidup bermewah-mewahan dengan memiliki kendaraan mewah seperti moge tersebut. Melansir dari CNN Indonesia, ada beberapa pejabat pajak yang disebut memiliki moge. 

Suryo Utomo

Suryo Utomo adalah Dirjen Pajak. Ia diketahui memiliki motor Harley Davidson Sporster tahun 2003 dengan harga Rp 155 juta dan motor Kawasaki ER6 tahun 2019 yang harganya Rp 52 juta. Memang dua kendaraan tersebut dilaporkan Suryo dalam LHKPN 2021. Suryo juga suka ikut berkumpul dengan pencinta moge lainnya di Belasting Rijder.

Menurut catatan kekayaan Suryo Utomo di LHKPN diketahui bahwa Suryo memiliki kekayaan sekitar Rp 14,45 miliar. Angka ini memiliki kenaikan dari kekayaan di tahun 2020 lalu yang mencapai Rp 12,09 miliar.  

Suryo Utomo menjadi orang nomor satu di Dirjen Pajak pada tahun 2019. Ia adalah lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro tahun 1992. Kemudian melanjutkan pendidikan magister di Amerika Serikat di University of Southern California. Suryo mengawali karier sebagai pegawai negeri sipil pada 1993.

Pejabat Pajak yang Punya Moge (Suara.com)

Mekar Satria Utama

Direktur Perpajakan Internasional DJP Mekar Satria Utama adalah pejabat pajak yang punya moge.  punya harta Rp 6,4 miliar. Dari total kekayaan yang ia miliki, terselip satu unit moge Honda Rebel CMX500AH IN MT tahun 2018 dengan harga Rp 120 juta. 

Eka Sila Kusna Jaya

Eka Sila Kusna Jaya merupakan pejabat pajak yang menjabat sebagai Direktur Penegakan Hukum DJP. Ia memiliki motor Kawasaki ER650H tahun 2017. Dalam laporannya di LHKPN ia memiliki total kekayaan sebesar Rp 4,16 miliar. 

Peni Hirjanto

Sekretaris Direktorat Jenderal Pajak ini memiliki motor Rebel CMX 500 Naked Bike tahun 2019 dengan harga Rp 158 juta. Peni Hirjanto memiliki kekayaan sebesar Rp 12,64 miliar yang tercantum dalam LHKPN.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"