Desa di Jawa Timur Ini Dijuluki Kampung Madinah, Begini Sejarahnya

Desa di Jawa Timur Ini Dijuluki Kampung Madinah, Begini Sejarahnya

Sebuah desa bersama Temboro di Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur memiliki ciri khas yang unik dibandingkan desa-desa lainnya.Desa ini mendapat julukan Kampung Madinah. Tentu penyebutan itu bukan tanpa alasan. Apakah kampung tersebut punya kemiripan dengan kota Madinah di Arab Saudi?

Dilansir dari beberapa sumber, Desa Temboro berjuluk Kampung Madinah karena sejak dulu mayoritas warganya mengenakan pakaian layaknya penduduk Arab Saudi. Misalnya untuk laki-laki memakai pakaian gamis panjang sampai mata kaki atau biasa disebut thobe, sedangkan perempuan memakai abaya hitam hingga cadar untuk menutupi wajahnya.

Sebutan sebagai Kampung Madinah sudah ada sejak tahun 1980-an. Apalagi desa ini memiliki 4 Pondok Pesantren untuk para santri yang ingin mendalami agama Islam. Jumlah Pondok Pesantren ada 4 tentu terbilang banyak apalagi keempatnya berdiri dalam satu kawasan desa yang luasnya tidak begitu besar.

Desa di Jawa Timur Ini Dijuluki Kampung Madinah, Begini Sejarahnya (Kompas.com)

Pondok Pesantren yang berada di Kampung Madinah adalah Al Fatah, Al Qodir, Roudhotut Tholibin, dan Darul Muttaqin. Keempat Pondok Pesantren memiliki jumlah santri yang sangat banyak karena tidak sedikit yang berasal dari desa tetangga atau daerah lain yang berada di Magetan. 

Jika dihitung jumlah santri lebih banyak dibanding jumlah penduduk desa karena total ada 25 ribu santri. Santri paling banyak ada di Pondok Pesantren Al Fatah dengan jumlah belasan ribu santri. Sementara total jumlah penduduk di Desa Temboro cuma 7.500 orang. Jadi nuansa agama Islam sangat jelas terlihat di desa itu.

Di Desa Temboro juga ada tempat untuk berjualan para pedagang. Banyak yang menjual pakaian dan makanan. Mereka para pedagang sangat rajin beribadah. Ketika azan berkumandang pada siang hari, seperti azan dzuhur dan ashar, mereka akan berhenti berjualan dan menutup toko mereka untuk melakukan salat berjamaah di masjid.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"