CATAT! 5 Negara di Dunia yang Jual BBM Paling Murah, Ada yang Harganya Rp 300 Perak Per Liter

CATAT! 5 Negara di Dunia yang Jual BBM Paling Murah, Ada yang Harganya Rp 300 Perak Per Liter

Harga BBM di Indonesia baru saja naik. Disinyalir harga BBM naik karena biaya subsidi pemerintah sudah sangat besar termasuk peningkatan harga minyak dunia. Masyarakat Indonesia wajib tahu, kalau ada negara lain di dunia yang jual BBM dengan harga sangat murah.

Negara-negara tersebut diduga menjual BBM dengan harga murah karena memiliki sumber daya alam minyak bumi yang besar ditambah bisa memproduksi minyak. Bahkan ada negara yang menjual BBM RON 95 per liter hanya Rp 300 perak lho. Berikut daftarnya. 

Venezuela

Venezuela merupakan negara yang berada di kawasan Amerika Selatan. Memang negara itu tidak sepopuler Argentina dan Brasil. Siapa sangka jika sumber daya minyak di negara tersebut sangat melimpah. Bahkan Venezuela menjadi negara pertama yang memiliki cadangan minyak paling besar di dunia.

Karena memiliki minyak yang besar membuat Venezuela bisa menjual BBM kepada rakyatnya dengan sangat murah. Untuk satu liter RON 95 dihargai Rp 330,5 per liter. Wah kayaknya rakyat Venezuela sejahtera ya.

CATAT! 5 Negara di Dunia yang Jual BBM Paling Murah, Ada yang Harganya Rp 300 Perak Per Liter (Kompas.com)

Libya

Negara berikutnya adalah Libya. Libya yang berada di kawasan Afrika bagian utara selama ini disebut sebagai negara yang mempunyai ladang minyak dalam jumlah besar. Tak ayal harga BBM di negara yang terkenal dengan sosok Muamar Khadafi sangat murah. Untuk satu liter BBM dihargai Rp 451 per liter.

Iran

Di Asia terdapat Iran yang menjadi negara pertama di Asia yang menjual BBM sangat murah. Di Iran satu liter BBM seharga Rp 795 per liter. Memang industri minyak di Iran sangat maju bahkan keuntungan negara dari minyak sangat besar dan melonjak naik. 

Aljazair

Kembali ke Afrika, ada Aljazair atau Algeria yang juga sebagai negara dengan harga BBM murah. Harga BBM di negara tersebut sekitar Rp 4.873. per liter. Memang harga itu sudah di atas Rp 1.000 namun tetap saja terhitung murah dibandingkan di Indonesia.

Kuwait

Kuwait adalah negara timur tengah yang terkenal dengan simpanan minyaknya yang tak kunjung habis. Masyarakat Kuwait cukup membayar sekitar Rp 5.071 untuk bisa mendapatkan satu liter BBM di SPBU. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"