Cek Fakta: Isi BBM Malam Hari Bikin Bensin Jadi Irit?

Cek Fakta: Isi BBM Malam Hari Bikin Bensin Jadi Irit?

Kenaikan harga BBM seperti Pertalite dan Pertamax 92 memang memberatkan. Makanya banyak pengguna kendaraan yang mencari cari bagaimana cara menghemat BBM. Tapi meski menghemat BBM namun isi bensin atau BBM tetap harus dilakukan untuk kendaraan. 

Beberapa waktu lalu sempat ada informasi yang menyebut jika isi BBM pada malam hari ternyata mempengaruhi jumlah BBM yang dibeli. Benarkah BBM akan jadi irit karena diisi pada kendaraan di malam hari? Melansir dari gridoto ternyata hal itu dibenarkan oleh seorang ahli. 

Dia adalah Tri Yuswidjajanto Zaenuri yang merupakan ahli konversi energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung. Menurutnya secara prinsip kondisi benda cair sangat tergantung dengan lingkungan sekitarnya, termasuk BBM yang masuk dalam kategori benda cair.

Apakah Isi BBM Malam Hari Bikin Bensin Jadi Irit (Kompas Otomotif)

Menurut Yus saat udara lebih dingin maka BBM akan menyusut dan menjadi lebih padat. Misalnya udara pada malam hari pasti lebih terasa lebih dingin dibandingkan pada pagi atau siang hari. Sedangkan saat udara panas maka BBM akan menguap. 

“Jika ditimbang beratnya tidak akan sama, misal satu liter bensin yang ditimbang saat siang hari dan malam hari pasti berbeda,” kata Yus. Meskipun secara jumlah lebih banyak namun selisih perbedaannya tidak terlalu besar pada volume bahan bakar secara keseluruhannya.

Misalnya saja di wilayah Jakarta pada siang hari suhu udara berkisar 32 derajat hingga 33 derajat celsius, sementara malam harinya sekitar 29 derajat hingga 30 derajat celsius. Namun perbedaan suhu itu tidak akan mempengaruhi secara signifikan pada volume bahan bakar yang diisi dalam rangka kendaraan motor atau mobil.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"