TERPECAHKAN! Kenapa Harga BBM di Malaysia Murah Banget Dibanding Indonesia

TERPECAHKAN! Kenapa Harga BBM di Malaysia Murah Banget Dibanding Indonesia

Harga BBM di Malaysia ternyata lebih murah dibandingkan Indonesia. Apalagi beberapa hari lalu pemerintah Indonesia menaikkan harga BBM yang ditanggapi pro dan kontra oleh masyarakat. Harga BBM di Malaysia lebih murah padahal oktan yang terkandung dalam BBM lebih bagus, sehingga lebih murah dibanding harga Pertalite di Indonesia.

Melansir dari Detik, harga bensin RON 95 Malaysia hanya seharga 2,05 ringgit per liter atau sekitar Rp 6.814. Sementara harga bensin Pertamax di Indonesia kini Rp 14.500 atau memiliki selisih sekitar Rp 7 ribuan dan cukup besar perbandingannya.

Lalu apa yang menjadi penyebab BBM di Malaysia lebih murah? Ahmad Safrudin selaku Komite Penghapusan Bensin Bertimbal atau (KPBB) menjelaskan bahwa harga BBM di Malaysia rendah karena adanya bantuan subsidi dari pemerintah. Subsidi tersebut dilakukan ketika harga minyak mentah mengalami kenaikan. 

Kenapa Harga BBM di Malaysia Murah Banget Dibanding Indonesia (diksinews)

Meski memberikan subsidi BBM jika harga minyak mentah naik, tetapi pemerintah Malaysia memiliki cara lain untuk mendapatkan pemasukan untuk kas negara, misalnya mengambil pajak dan cukai jika minyak mentah turun di bawah 80 USD per barel.  Pajak itu dilakukan selama pemerintah melakukan subsidi BBM.

“Seiring dengan kenaikan crude oil (minyak mentah) naik menjadi Rp 9.840 per liter (Pertamax Turbo). Coba bandingkan dengan Pertamax Turbo yang comply dengan Euro4 dengan BBM di Malaysia, sama dengan Euro4 tapi HPP (Harga Pokok Penjualan) di Malaysia hanya Rp 3.472 per liter,” jelas Ahmad Safrudin.

Di Asean, Malaysia menjadi negara pertama dengan penjualan harga BBM yang murah. Selain Malaysia juga ada Vietnam yang berada satu peringkat di bawahnya. Sebelum pemerintah menaikkan harga BBM pada akhir pekan lalu, Indonesia berada di urutan ketiga setelah Malaysia dan Vietnam sebagai negara di Asean dengan harga BBM termurah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"