Bukan Visi Misi, Caleg Wanita Ini Dicoblos karena Cantik

Bukan Visi Misi, Caleg Wanita Ini Dicoblos karena Cantik

Kondang Kusumaning Ayu merupakan caleg  Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Jawa Timur. Pada Pemilu 2024 lalu, Kondang memperoleh suara yang cukup banyak dari konsituennya. Ternyata namanya dipilih bukan karena visi misi atau program kerja yang dimiliki melainkan karena berwajah cantik.

Dalam kertas suara foto Kondang memang cantik. Ia nampak anggun mengenakan hijab warna abu-abu dan wajahnya dirias tipis natural. Dalam foto itu Kondang tersenyum lebar dan giginya terlihat. Bisa jadi para pemilih melihat Kondang karena wajah cantik dibandingkan caleg-caleg lainnya.

Beberapa netizen yang merupakan pemilih Kondang membenarkan. “Aku nyoblos mbak ini karena cantik,” tulis seorang netizen. Ada juga yang memilih mencoblos Kondang karena merasa paling cantik dibandingkan caleg lain. “Soale ning foto paling kuetokkk sinar e, langsung ae tak coblos,” tambah netizen lain.

Caleg Dicoblos karena Cantik (Kilat)

Ada juga netizen yang curhat mengatakan meskipun Kondang bukan caleg yang suka bagi-bagi uang agar namanya dicoblos, tetapi cukup dengan wajah cantik membuatnya mendapatkan banyak suara. “Tak buka lembaran e, mataku langsung tertuju mbak e, fotoe berjejer ranok srekkk, senajan ranok amplop e tak coblos mergo ayu e, sopo roh nular,” seru netizen lain.

Ternyata kecantikan Kondang memang menghipnotis para pemilih. Jumlah suara yang didapat Kondang berada di jajaran peringkat atas. Ia berhasil mendapatkan lebih dari 805.004 suara atau lebih dari persentase 11 persen. 

Kondang bersaing ketat dengan beberapa calon lain seperti Ketua DPR RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, Agus Rahardjo, dan Lia Istifahma. Kondang diketahui berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Ia merupakan lulusan dari Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.

Pada 29 Desember 2022 lalu Kondang menyerahkan syarat dukungan dalam tahanan Pencalonan Perseorangan Pemilu Anggota DPD Tahun 2024 di Kantor KPU Provinsi Jawa Timur, Surabaya. Sebagai calon anggota DPD memang Kondang tidak bergabung dengan partai politik.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"