Belum Banyak yang Tahu, Mantan Presiden Ini Memiliki Pangkat Panglima Terbanyak di Indonesia, Siapa Dia?

Belum Banyak yang Tahu, Mantan Presiden Ini Memiliki Pangkat Panglima Terbanyak di Indonesia, Siapa Dia?

Mantan Presiden Soeharto  sebelum masuk ke dunia politik puluhan tahun berkecimpung di instansi TNI Angkatan Darat. Karier Soeharto cemerlang setelah menempuh pendidikan di Gombong, Jawa Tengah, sebagai lulusan terbaik dan menerima pangkat kopral.

Soeharto juga mendapatkan predikat sebagai prajurit tentara teladan di Sekolah Bintara, tempatnya menempuh pendidikan militer. Ia pun resmi dilantik menjadi anggota TNI pada 5 Oktober 1945.

Soeharto menjalani tugas dan tanggung jawab dengan professional. Sempat menjadi komandan peleton, komandan kompi, hingga komandan resimen dengan pangkat Mayor serta komandan batalyon dengan pangkat Letnan Kolonel.

Soeharto Memiliki Karier Cemerlang di Militer (Tirto.id)

Ternyata Soeharto pun menjabat sebagai Panglima sebanyak delapan kali. Mulai dari Panglima Tentara IV Diponegoro (1956), Panglima Korp.Tentara I Caduad (1961), Panglima Komando Pertahanan Udara Angkatan Darat (1961), Panglima Komando Mandala I dalam Aksi Pembebasan Irian Barat (1962).

Tak sampai disitu saja, pada 1963 Soeharto menjabat sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat, Panglima Komando  Keamanan dan Ketertiban (1965), Panglima Angkatan Darat (1965), dan Panglima Tertinggi pada 1968.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"