Bekal Ramadan: Jangan Kalap, Begini Tips Mengatur Keuangan Selama Bulan Puasa

Bekal Ramadan: Jangan Kalap, Begini Tips Mengatur Keuangan Selama Bulan Puasa

Mengatur keuangan  selama bulan puasa merupakan langkah penting agar pengeluaran tidak membengkak dan memakan jatah uang tabungan. Kamu mungkin merasa kesulitan untuk menjaga stabilitas finansialmu selama periode ini, terutama dengan perubahan pola konsumsi dan pengeluaran yang umum terjadi seperti buka bersama dan sahur on the road. 

Kue-kue, pernak-pernik, hingga parcel Lebaran juga bakal menguras keuangan. Belum lagi anggaran takjil yang membengkak karena seringkali kalap saat melihat deretan makanan menggiurkan yang dijual. Namun tenang, dengan beberapa tips hemat, kamu dapat mengelola keuanganmu dengan lebih baik selama bulan suci ini. Yuk simak!

1. Benahi Mindset

Mengatur Keuangan Selama Bulan Puasa (via Glints)

Selama bulan puasa, tantangan finansial mungkin timbul adalah karena pola konsumsi yang berubah. Karena itu, salah satu langkah yang penting agar bisa mengatur keuangan selama bulan puasa dengan baik adalah dengan membenahi mindset. Kamu harus menyadari bahwa apa yang kamu konsumsi bukanlah pembalasan setelah seharian berpuasa. 

Seringnya, karena sudah berpuasa, kamu cenderung kalap dalam berbelanja makanan yang justru membuat tubuhmu tidak sehat. Jangan terlalu banyak membeli ta’jil dan makanan manis, atau memasak dengan jumlah berlebih karena khawatir belum kenyang saat berbuka.

Coba kendalikan diri dan ingat bahwa kapasitas perut manusia sangat terbatas sehingga menyantap terlalu banyak makanan dalam satu waktu adalah hal mustahil. Makan cukup seperti biasa akan membuat tubuh dan dompetmu tetap sehat selama bulan puasa. 

2. Rencanakan Budget Bulananmu Dengan Teliti



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"