6 Tradisi Natal Unik Dan Gak Biasa Yang Cuma Ada Di Indonesia, Ada Pesta Kostum Hingga Bakar Batu

6 Tradisi Natal Unik Dan Gak Biasa Yang Cuma Ada Di Indonesia, Ada Pesta Kostum Hingga Bakar Batu

Tradisi Natal di setiap daerah di Indonesia sangatlah beragam. Biasanya, suasana Natal layaknya 'Lebaran' umat Nasrani ini dihabiskan dengan ibadah atau doa bersama sambil kumpul bersama keluarga. Tidak jarang keluarga juga memberikan waktu khusus untuk makan malam keluarga di malam sebelum perayaan Natal.

Setelah itu, umumnya mereka akan bertukar hadiah yang sudah dipersiapkan. Namun tak berhenti sampai di situ, rupanya ada sejumlah kebiasaan unik yang dilakukan untuk merayakan kelahiran Yesus Kristus itu. Tradisi inipun begitu sarat dengan makna Natal. Lantas apa saja tradisi Natal yang unik di Indonesia? Simak artikel di bawah ini!

1. Rabo-Rabo - Jakarta

1. Rabo-Rabo - Jakarta Tradisi Natal - Rabo Rabo (National Geographic Indonesia)

Meskipun suku Betawi yang merupakan suku asli Jakarta tidak lekat dengan agama Nasrani, tapi ternyata di daerah seperti Tugu Koja Jakarta Utara, punya tradisi natal yang unik yang dikenal Rabo-Rabo. Di mana, umat Kristiani merayakan Natal dengan memainkan lagu Natal yang diiringi musik keroncong.

Menariknya, tradisi ini dilakukan sambil berkeliling dari rumah ke rumah seperti halal bihalal saat Idul Fitri. Diyakini kalau tradisi Rabo-Rabo ini merupakan warisan dari bangsa Portugis. Latar belakang sejarah identitas orang Kampung Tugu disebut sangat kuat karena keberadaan orang Portugis membentuk kebudayaan yang khas.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"