Menengok Suasana Perayaan Natal di Arab Saudi

Menengok Suasana Perayaan Natal di Arab Saudi

Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman atau MBS sudah membawa perubahan besar untuk Arab Saudi selama beberapa tahun belakangan. Salah satunya dengan memperbolehkan ada perayaan Natal di Arab Saudi atau ornamen-ornamen menyambut Natal di negara Islam tersebut.

Natal 2022 menjadi Natal ketiga di Arab Saudi yang memperbolehkan hiasan Natal di depan toko-toko di pusat keramaian. Dulunya umat kristiani di Arab Saudi seakan takut dan dilarang untuk merayakan Natal, sehingga mereka harus diam-diam merayakan Natal. Namun semenjak MBS memegang kuasa, hal itu tak terjadi.

Apalagi MBS telah melakukan perubahan undang-undang soal dekorasi hari keagamaan, termasuk Natal. Dalam laporan The National News, pada Natal 2022 banyak dekorasi kafe di Arab Saudi yang terlihat indah dengan banyak hiasan Natal. Jika diperhatikan Arab Saudi malah mirip negara musim dingin Eropa dalam menyambut Natal.

Mengintip Suasana Perayaan Natal di Arab Saudi (Tempo.co)

Natal di Arab Saudi memang semakin semarak di tahun 2022. Sejumlah kafe di Arab Saudi menyambut Natal dengan menawarkan menu-menu spesial. Misalnya Starbucks yang mengeluarkan minuman khusus menyambut Natal dan liburan akhir tahun yang berada di dalam cangkir dengan desain spesial.

Selain Starbucks, salah satu toko roti asal Prancis menjual kue-kue bertema Natal dan dijual dengan bebas. Salah satu kota di Arab Saudi yang ramai dengan hiasan Natal adalah Jeddah yang banyak toko dan sekolah yang juga siap untuk merayakan Natal. Banyak anak-anak bahkan ikut meramaikan Natal dengan ikut mendekorasi hiasan Natal.

Natal di tahun 2022 dirayakan cukup meriah di Arab Saudi. Saat merayakan Natal, orang-orang sudah tidak takut lagi dengan undang-undang atau pelarangan karena sudah diperbarui ditambah dengan pembubaran polisi moral. Arab Saudi jadi negara yang terbuka dengan kehadiran budaya dari luar, tentu dilakukan untuk menghargai pengunjung dan ekspatriat yang ada di Arab Saudi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"