5 Fakta Tentang Potongan Rambut Anggota TNI yang Punya Ciri Khas

5 Fakta Tentang Potongan Rambut Anggota TNI yang Punya Ciri Khas

Potongan rambut TNI memiliki ciri khas yakni model pendek atau cepak. Hampir semua anggota TNI memiliki potongan rambut yang sama. Tahu nggak sih kenapa potongan rambut anggota TNI cepak? Apakah ada aturannya? Berikut beberapa fakta terkait hal tersebut.

Rambut Cepak Mudah Dirawat

Rambut model cepak atau pendek mudah dirawat. Apalagi bagi anggota TNI yang harus bertugas di medan peperangan dalam waktu cukup lama. Dia tak perlu memusingkan rambutnya yang pendek itu. Daripada mengurus soal rambut lebih baik fokus menjalani tugasnya.

Penggunaan Helm

Selain mudah dirawat, rambut cepak anggota TNI berkaitan dengan penggunaan helm. Seperti diketahui ketika berdinas di medan perang, anggota TNI mengenakan helm untuk melindungi kepalanya. Nah, kalau rambut anggota TNI pendek berarti mudah baginya saat memakai helm dan pandangan tidak akan terganggu. 

5 Fakta Tentang Potongan Rambut Anggota TNI yang Punya Ciri Khas (Tempo.co)

Menjaga Keseimbangan

Keseimbangan udara dan membuat kepala tetap dingin menjadi penyebab kenapa rambut tentara harus cepak. Ternyata rambut cepak membuat para anggota TNI mampu mengambil keputusan dengan bijak lho meskipun dalam keadaan sulit.

TNI Berambut Gondrong

Meskipun banyak anggota TNI berambut pendek, tapi ada juga lho anggota TNI yang ternyata memanjangkan rambutnya. Bahkan Luhut Pandjaitan pun pernah tampil dengan rambut panjang tidak cepak saat aktif di Kopassus. 

Selain Luhut ternyata perwira tinggi, Letjen Purn Dading Kalbuadi dan Letjen Purn Yunus Yosfiah juga berambut gondrong. Hal ini memunculkan anggapan bahwa tentara yang berambut gondrong bukanlah tentara urakan, melainkan pasukan istimewa



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"