HUT TNI Ke-78, Ini 5 Pasukan Khusus TNI Beserta Tugasnya

HUT TNI Ke-78, Ini 5 Pasukan Khusus TNI Beserta Tugasnya

Kamis 5 Oktober 2023 HUT TNI ke-78. Selama berdiri TNI memiliki banyak pasukan dari Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU). Berikut 5 pasukan khusus TNI beserta tugas-tugas yang dilakukannya.

Kopassus

Kopassus adalah Komando Pasukan Khusus. Kopassus berasal dari TNI Angkatan Darat. Tiap anggota Kopassus memiliki kemampuan bergerak cepat di medan pertempuran, menembak dengan tepat, pengintaian, dan juga anti teror. Satuan Kopassus ini terkenal dengan brevet warna merah.

Kopassus berdiri pada 16 April 1962. Sepanjang Kopassus berdiri banyak sudah melakukan pergerakkan seperti aksi Operasi Trikora, Operasi Militer Permesta, DI/TII, Operasi Dwikora, hingga Penumpasan G30S/PKI. Tugas utama Kopassus melakukan Operasi Komando, Operasi Sandi Yudha, dan Operasi Anti-Teror.

HUT TNI Ke-78, Ini 5 Pasukan Khusus TNI (JawaPos.com)

Kopasgat 

Pasukan khusus TNI berikutnya adalah Kopasgat. Kopasgat adalah Komando Pasukan Gerak Cepat. Dulunya pasukan khusus ini bernama Paskhas yang menjadi pasukan elite TNI Angkatan Dara. Kopasgat memiliki ciri khas yakni baret warna jingga di kepalanya. Kopasgat memiliki kemampuan yang cukup mumpuni karena bisa mengerjakan misi di darat, laut, dan udara. Meskipun nama Kopasgat tidak sepopuler Kopassus

Tahun 2022 lalu Kopasgat diterjunkan  TNI untuk terbang ke Ukraina menjemput para warga negara Indonesia (WNI) yang terancam dengan serangan militer Rusia. Konon tidak semua pasukan bisa mudah tergabung di Kopasgat. Hanya prajurit yang sudah berhasil menjalani seleksi dan digembleng habis-habisan untuk bisa masuk ke Kopasgat.

Kopaska

Komando Pasukan Katak atau Kopaska adalah pasukan khusus dari TNI Angkatan Laut. Kopaska melakukan operasi rahasia atau senyap di bawah laut seperti Operasi Amfibi dan Operasi Khusus lainnya. 

Kopaska dibentuk pada 1962 kala itu Presiden Soekarno meminta Kopaska dalam membantu penyelesaian masalah di Irian Barat. Tugas pasukan Kopaska yakni pengintaian dari dalam laut, sabotase kapal musuh, pengintaian, penghancuran instalansi bawah air, dan beberapa tugas lainnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"