Sudah Vaksin Covid-19? Berikut Ini Beberapa Efek Samping Setelah Vaksin yang Normalnya Akan Kamu Rasakan

Sudah Vaksin Covid-19? Berikut Ini Beberapa Efek Samping Setelah Vaksin yang Normalnya Akan Kamu Rasakan

Pandemi Covid-19 sudah lebih dari setahun melanda dunia. Korban meninggal karena Covid-19 dilaporkan sudah mencapai jutaan. Vaksin pun sudah banyak diberikan pada penduduk dunia. Yang tadinya baru untuk para lansia dan pekerja garda terdepan. Kini sudah merambah masyarakat umum.  

Meskipun begitu, masih banyak orang yang belum yakin apakah vaksin Covid-19 yang beredar di pasaran aman dipakai. Kekhawatiran masyarakat biasanya seputar Apakah ada efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan vaksin? Kalau iya, apa saja efek sampingnya?

Nah, seperti yang kita tahu, kebanyakan vaksin memang memiliki efek samping. Dari mulai ringan hingga sedang.

Seperti efek samping yang dirasakan bayi dan balita usai divaksin. Begitu pula vaksin Covid-19. Penggunaannya juga kemungkinan besar akan memberikan efek samping. Apa saja efeknya?

Simulasi pemberian vaksin Covid-19 di Kota Depok (jabarprov.go.id)

1. Demam

Ahli Epidemiologi Penyakit Menular Anak Stanford University, Yvonne Maldonado mengungkapkan bahwa baik vaksin Pfizer atau Moderna, keduanya memerlukan dua dosis. Nah efek samping setelah dosis kedua akan lebih kuat dari dosis pertama.

Artinya, dua suntikan memang diperlukan untuk perlindungan. Umumnya, orang akan mendapat efek samping demam setelah suntikan kedua. Namun efek samping ini berskala ringan sampai sedang.

2. Sakit Kepala dan Nyeri



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"