Lagi Musim, Apa Perbedaan Flu A dan Flu B?

Lagi Musim, Apa Perbedaan Flu A dan Flu B?

Virus influenza yang paling umum menyerang manusia adalah flu A dan flu B. Meskipun keduanya memiliki gejala yang mirip dan cara pengobatan yang sama, terdapat perbedaan di antara keduanya, termasuk seberapa serius virus tersebut dapat terjadi pada populasi yang berbeda.

Meski sama-sama merupakan jenis virus influenza, namun keduanya berbeda dalam hal penyebarannya. Untuk tahu lebih lanjut soal perbedaan kedua jenis flu ini, yuk baca artikel ini sampai selesai!

Perbedaan Flu A dan Flu B

Ada beberapa perbedaan antara flu A dan flu B, yaitu:

1. Flu A jauh lebih umum (biasanya 75% dari total kasus influenza) dibandingkan flu B.

2. Baik flu A maupun flu B dapat menyebabkan wabah dan epidemi, namun hanya flu A yang menyebabkan pandemi. (Dalam suatu epidemi, penyebaran suatu penyakit pada umumnya dapat dikendalikan dan dapat diprediksi; dalam suatu pandemi, penyebarannya tidak dapat dikendalikan dan dapat meluas ke seluruh dunia.)

3. Flu A lebih parah pada orang dewasa.

4. Flu B lebih sering terjadi pada anak-anak, dan meskipun umumnya ringan hingga sedang pada anak-anak yang sehat, penyakit ini bisa lebih parah pada anak-anak di bawah usia 5 tahun (mungkin karena paparan sebelumnya yang lebih sedikit sehingga kekebalan tubuh lebih rendah).



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"