Arti Tanda Merah di Dahi Wanita India

Arti Tanda Merah di Dahi Wanita India

Wanita India memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan wanta lain. Ciri itu adalah tanda di dahi warna merah. Menurut kepercayaan di India tanda tersebut hampir sama dengan indera keenam. Tanda merah itu disebut Bindi dan Sindoor. Jangan salah karena Bindi dan Sindoor memiliki arti yang berbeda. 

Bindi adalah tanda bulat warna merah atau oranye tepat di dahi. Bindi berada di antara kedua alis wanita atau di bagian bawah dahi. Sementara Sindoor merupakan tanda merah marun yang letaknya agak di atas bagian dahi yakni di ekat belahan rambut kepala.

Kenapa Bindi dan Sindoor diletakan di dahi? Hal itu karena dahi menjadi tempat dalam menyimpan energi manusia sekaligus mengendalikan berbagai tingkat toleransi. Tidak semua wanita India bisa menggunakan Bindi dan Sindoor karena ada aturan yang mengikat. 

Arti Tanda Merah di Dahi Wanita India (Hindu American Foundation)

Wanita India yang memakai Bindi khusus yang belum menikah. Bindi menandakan simbol kecerdasan, menambah kecantikan, serta melindungi kehidupan mereka dari aura-aura negatif. Sementara untuk Sindoor wanita India khusus untuk wanita yang sudah menikah. 

Sindoor punya arti yang lebih dalam dibandingkan Bindi yakni melambangkan kesetiaan seorang istri kepada suami. Bagaimana seorang istri harus berjanji untuk berbakti kepada suami sepanjang hidup sampai maut memisahkan. 

Bahkan pernah ada dalam kebiasaan di India zaman dulu, terkait penggunaan Sindoor. Sindoor dulunya diambil dari dah yang keluar dari ujung jari tangan suami, lalu diusahkan ke bagian dahi ekat belahan rambut istrinya. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"