Ini Dia Alasan Mengapa Zat Besi Sangat Dibutuhkan Oleh Tubuh

Ini Dia Alasan Mengapa Zat Besi Sangat Dibutuhkan Oleh Tubuh

Pernah merasa lelah setelah melakukan aktivitas yang ringan? Bisa jadi itu pertanda kamu sedang kekurangan zat besi. Gejalanya seringkali terjadi pada perempuan dibandingkan pria.

Hal ini dikarenakan perempuan mengalami periode menstruasi setiap bulannya sehingga kebutuhan zat besi menjadi lebih banyak dibanding pria. Walau begitu, zat besi tetap sama-sama dibutuhkan oleh pria maupun wanita sejak usia muda.

Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang fungsinya untuk memproduksi sel darah merah (hemoglobin) di dalam sumsum tulang belakang.

Ilustrasi orang kelelahan (kompas.com)

Hemoglobin sendiri dibutuhkan karena fungsinya adalah untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Untuk kerja otot maupun organ, oksigen begitu penting. Itu sebabnya mengapa tubuh jika tidak dialiri oksigen yang cukup, kamu bisa cepat merasa lelah, napas pendek dan tubuh yang mudah lemas.

Maka itu, kekurangan zat besi sebaiknya jangan diabaikan karena bisa berakibat fatal pada fungsi organ. Apalagi jika terjadi pada ibu hamil, bisa-bisa bayinya akan lahir secara prematur atau dalam ukuran lebih kecil dibanding bayi normal.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"