Perlu Diwaspadai, Inilah 5 Dampak Kurang Zat Besi pada Anak

Perlu Diwaspadai, Inilah 5 Dampak Kurang Zat Besi pada Anak

Dalam setiap fase perkembangan dan pertumbuhan, seorang anak harus dipastikan mendapatkan nutrisi yang lengkap. Jangan sampai ada satu hal pun yang kurang karena bisa memengaruhi tumbuh kembang hingga dewasa nanti.

Begitu juga dengan zat besi yang merupakan salah satu nutrisi penting bagi proses pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Ada berbagai dampak kurang zat besi pada anak yang wajib diketahui oleh para orang tua.

Kekurangan zat besi pada anak adalah masalah kesehatan yang dapat memiliki dampak serius pada pertumbuhan dan perkembangan mereka. Zat besi adalah nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh untuk membentuk hemoglobin, protein yang membawa oksigen dalam darah.

Ketika anak mengalami kekurangan zat besi, hal ini dapat mengakibatkan berbagai dampak yang memengaruhi kesehatan dan kualitas hidup mereka. Kenali beberapa dampak dari kurangnya zat besi pada anak melalui artikel berikut ini:

1. Anemia Defisiensi Zat Besi

Dampak Kurang Zat Besi pada Anak (via Genbest)

Salah satu dampak paling umum dari kurangnya zat besi pada anak adalah anemia defisiensi zat besi. Anemia menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah dalam tubuh, yang dapat mengakibatkan gejala seperti kelelahan, kulit pucat, dan penurunan daya tahan tubuh. Selain itu, dalam jangka panjang kekurangan sel darah merah juga bisa mempengaruhi perkembangan karena nutrisi tidak bisa diedarkan dengan maksimal.

2. Gangguan Pertumbuhan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"