Benarkah Minum Kopi Bisa Mempengaruhi Tekanan Darahmu? Cek Faktanya di Sini!

Benarkah Minum Kopi Bisa Mempengaruhi Tekanan Darahmu? Cek Faktanya di Sini!

Kafein dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah yang singkat namun dramatis, bahkan meskipun kamu tidak menderita tekanan darah tinggi. Tidak jelas apa yang menyebabkan lonjakan tekanan darah ini. Respons tekanan darah terhadap kafein pun berbeda dari orang ke orang.

Beberapa peneliti percaya bahwa kafein dapat memblokir hormon yang membantu menjaga arterimu tetap melebar. Yang lain berpendapat bahwa kafein menyebabkan kelenjar adrenal melepaskan lebih banyak adrenalin, yang menyebabkan tekanan darah Anda meningkat.

Beberapa orang yang rutin meminum minuman berkafein memiliki tekanan darah rata-rata lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak meminumnya. Orang lain yang rutin meminum minuman berkafein mengembangkan toleransi terhadap kafein. Akibatnya, kafein tidak memberikan efek jangka panjang terhadap tekanan darah mereka.

Nah, kalau kamu memiliki tekanan darah tinggi, tanyakan kepada dokter apakah kamu harus membatasi atau berhenti minum minuman berkafein. 

Batas Anjuran Kafein

Secangkir kopi hitam (cookin.id)

Para ahli mengatakan bahwa 400 miligram kafein sehari umumnya aman bagi kebanyakan orang. Namun, jika kamu khawatir dengan efek kafein pada tekanan darah, cobalah membatasi jumlah kafein yang minum hingga 200 miligram sehari. Jumlah yang hampir sama dengan dua cangkir kopi seduh berukuran 237 mililiter. 

Perlu diingat bahwa jumlah kafein dalam kopi, minuman berenergi, dan minuman lainnya berbeda-beda menurut merek dan metode penyiapannya.

Selain itu, jika kamu memiliki tekanan darah tinggi, hindari kafein tepat sebelum melakukan aktivitas yang secara alami meningkatkan tekanan darah, seperti olahraga, angkat beban, atau pekerjaan fisik yang berat.

Cara Cek Apakah Kafein Mempengaruhi Tekanan Darahmu



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"