Ada-ada Saja, Alasan Anak Sekolah Matikan Kamera Saat Belajar Online, Gurunya Sabar Banget

Ada-ada Saja, Alasan Anak Sekolah Matikan Kamera Saat Belajar Online, Gurunya Sabar Banget

Kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia membuat cara anak sekolah belajar berbeda. Mereka lakukan belajar online di rumah ditemani guru melalui beberapa aplikasi seperti Google Meet atau Zoom. Uniknya banyak anak-anak sekolah yang sengaja mematikan kamera saat belajar.

Hal ini tentu membuat guru menjadi curiga kenapa kamera dimatikan. Jangan-jangan siswa bukannya malah belajar tetapi malah asyik lakukan aktivitas lain di rumah, seperti makan, main game, bahkan sampai tidur.

Tidak sedikit siswa yang saat ditanya guru soal wajahnya tak terlihat di layar laptop atau handphone, memberikan alasan yang kalau dipikir memang aneh dan membuat kita jadi tertawa. Ini dia beberapa alasan yang sering diucapkan anak sekolah.

Ilustrasi Anak Sekolah Belajar Online (Kompas.com)

1. "Pak Izin Off Cam ya Pak, Mood Saya Lagi Hancur"

Meski masih jadi anak sekolah, sepertinya masalah yang dihadapi juga sudah bertubi-tubi sampai tak kuat untuk menyalakan kamera dan menunjukan wajahnya. Mungkin siswa itu sedang sedih dan menangis karena diterpa masalah yang membuatnya jadi tidak mood. Itu tidak mood belajar atau bagaimana?

2. "Izin Off Cam Sebentar, Kucingku Tiba-Tiba Sakit"

Kucing memang menjadi hewan peliharaan yang ada di rumah. Tapi demi kucing masa seorang anak sekolah rela mematikan kamera karena harus mengurus kucing yang sedang sakit. Jadi lebih prioritas kucing dibanding sekolah ya?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"