7 Hal yang Paling Bau Se-Galaksi Bimasakti

Selama hidup, seseorang pasti pernah mencium aroma dan bau menyengat. Biarpun cuma sekali. Mulai dari yang terdekat seperti bau jempol atau ketek, sampai telor busuk, muntahan, atau bangkai, dan seterusnya.

Studi terkait bau menyengat pernah dilakukan pada 2007 lalu. Studi itu dimuat dalam The Journal of Neuroscience, yakni dengan mengamati sekitar 1.500 benda dari 150 molekul berbeda. Tujuannya adalah mengamati hubungan antara bau menyengat dengan sifat fisiokimia, cara molekulnya diatur.

Sekilas penjelasannya nih....

Menurut seorang ahli, bau menyengat terjadi karena banyak molekul dan kerapatan elektron berkaitan erat dengan bau. Molekul yang lebih berat dikaitkan dengan bau busuk menyengat, sedangkan molekul yang ringan berkaitan dengan aroma yang lebih menyenangkan untuk dihirup.

Seorang ahli penciuman yang hidungnya amat sensitif pun percaya bahwa aroma tertentu dapat memengaruhi respons otak manusia. Tapi, buka cuma dipengaruhi unsur kimia doang. Para ahli yakin cara manusia merespons bau berkaitan dengan evolusi.

Ah, udah deh, kita lanjutin aja ke beberapa hal yang punya bau paling menyengat.

1. Uranus

1. Uranus Planet Uranus. (slashgear.com)

Telur busuk satu aja di kulkas tuh baunya udah najis banget. Tapi tahukah kalian kalo ternyata sebongkah besar Planet Uranus baunya tuh kayak telor busuk?!

Bau telor busuk di planet yang kayak telor asin ini terjadi karena hidrogen sulfida, gas di atmosfer Uranus dengan jumlah berlimpah. Untuk jaraknya jauh dari Bumi.

2. Durian

2. Durian Ini buah enak banget, tapi banyak orang nggak doyan karena baunya yang menyengat. (mashable.com)

Tak ada lagi yang meragukan bau yang mantap jiwa dari durian. Sebagian orang merasa pusing setelah mencium bau buah yang superlezat untuk sebagian orang yang tinggal di Asia Tenggara.

Menurut penelitian, buah durian memiliki 44 senyawa aktif yang bisa menimbulkan bau yang khas. Tapi sumpah, buahnya enak banget.

3. Raflessia arnoldii

3. Raflessia arnoldii Padahal bagus banget ya bunganya, gede lagi... eh, bau. (harvardmagazine.com)

Biasanya, bunga punya wangi yang khas. Tapi kalo bunga Raflessia arnoldii ini punya bau yang khaaasss banget. Terutama bau busuknya.

Bunga yang cuman mekar selama lima sampai tujuh hari ini mampu memikat hewan penyerbuk seperti lalat agar menghampirnya. Diameternya nggak woles, semeter cuy! Tapi kini, bunga yang langka ini kabarnya diambang kepunahan. Makanya, biarpun bau, bunga ini tetap dilindungi.