Waduh, Gawat! 5 Kebiasaan Saat Mandi Ini Ternyata Malah Berisiko Timbulkan Jerawat

Waduh, Gawat! 5 Kebiasaan Saat Mandi Ini Ternyata Malah Berisiko Timbulkan Jerawat

Siapa bilang jerawat tidak bisa datang setelah seseorang rajin mandi? Meski sudah rajin mandi, seserang masih bisa terkena jerawat, lho!

Jarang disadari, salah satu penyebab utama kulit berjerawat justru datang dari kebiasaan mandi yang kurang tepat, lho. Kulit yang seharusnya menjadi bersih malah jadi bermasalah dan jauh dari kondisi sehat yang seharusnya. Lalu, apa sebenarnya yang salah dari hal tersebut?

Seringkali seseorang menganggap mandi hanyalah sekadar membersihkan tubuh lalu keringkan dan selesai, tanpa memperhatikan berbagai hal lainnya. Kurangnya kesadaran inilah yang menjadi cikal bakal mengapa kulit mudah bermasalah. Jerawat pun tidak bisa dihindari meskipun sudah memakai produk pembersih ternama dan mahal sekalipun.

Biar lebih jelas, berikut telah kami rangkum 5 kebiasaan saat mandi yang berisiko menimbulkan jerawat. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Suhu Air Terlalu Panas atau Dingin

Pemilihan suhu air yang tidak tepat beresiko merusak kesehatan kulitmu (KlikDokter)

Perubahan cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini seringkali membuat kamu kerap berganti-ganti dalam memilih suhu air, baik panas ataupun dingin untuk membasuh tubuh seusai beraktivitas. Namun, siapa sangka hal inilah yang menjadi pemicu timbulnya masalah kulit.

Dilansir dari laman Well and Good, Kamis (19/5/2022), seorang dermatolog asal Amerika Serikat, yakni Neil Sadick, mengungkapkan bahwa kulit wajah sehat didapatkan dan ditentukan dari pemilihan suhu air yang tepat.

Air yang terlalu panas dapat membuka pori-pori sehingga kulit rentan mengalami iritasi. Sama halnya dengan air yang terlalu dingin di mana dapat membilas kadar minyak pada kulit sehingga wajahmu kehilangan kelembapan alaminya. Akibatnya, kulit menjadi kering dan mudah berjerawat.

2. Urutan Mandi yang Kurang Tepat

Percaya atau tidak, urutan membersihkan badan ketika mandi juga menjadi pangkal utama datangnya masalah kulit pada wajah. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa kandungan pada bahan pembersih yang mengenai wajah dan tidak terbilas dengan sempurna, karena urutan mandi yang tidak tepat. Hal inilah yang memicu datangnya jerawat dan masalah kulit lainnya.

Seperti halnya dengan pemakaian pelembut rambut yang didahului oleh produk pembersih wajah. Urutan ini dianggap kurang tepat karena kandungan minyak pada produk conditioner dapat tertinggal di wajah, yang nantinya malah menyumbat pori-pori.

Kondisi seperti ini juga berlaku terhadap berbagai produk pembersih yang memiliki kandungan harsh akan berbahaya jika tidak terbilas dengan bersih hanya karena urutan mandi yang kurang tepat.

3. Shower Puff yang Tidak Bersih

Apakah kamu gemar memakai shower puff setiap kali membersihkan tubuh? Jika iya, masih ingatkah kapan terakhir kali kamu membersihkan alat tersebut?

Ya, seringkali seseorang menyepelekan kondisi shower puff dan tetap memakainya secara berulang tanpa dibersihkan secara rutin. Kebiasaan inilah yang membuat bakteri serta kuman malah menumpuk dan tertimbun di sela-sela shower puff.  Tidak menutup kemungkinan, bakteri tersebut dapat berpindah ke kulit wajah serta tubuhmu dan mengundang berbagai permasalahan.

Selain menyebabkan jerawat, kondisi shower puff yang tidak layak pakai juga berisiko merusak kesehatan kulit tubuhmu. Seperti yang dilansir dari laman detik, penggunaan shower puff yang kotor dapat membuat kulitmu rentan terinfeksi berbagai masalah berbahaya seperti eksim hingga peradangan parah pada kulit. Serem banget ya, Gengs!

4. Menyentuh Wajah dengan Kasar

Kesalahan lain yang juga sering dilakukan ialah membersihkan wajah secara kasar. Masih banyak dari kamu yang beranggapan kotoran wajah dapat terangkat sempurna ketika dibersihkan dengan ritme yang semangat. Nyatanya, hal inilah yang justru membuat kulit wajah mudah iritasi karena menerima sentuhan yang terlalu keras ketika dibersihkan.

Perlu diingat, kulit wajah ialah bagian yang sangat sensitif dalam menerima kontak dari segala sesuatu yang mengenainya. Ketika wajah diusap secara kasar, permukaan kulit dapat terkikis sehingga wajah akan kehilangan kelembutannya. Akibatnya, wajahmu malah jauh dari kata sehat dan gampang bermasalah.

5. Tidak Memperhatikan Kandungan Sabun Pembersih



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"