Trik Menagih Utang pada Teman yang Suka Ngilang dan Pura-Pura Lupa

Trik Menagih Utang pada Teman yang Suka Ngilang dan Pura-Pura Lupa

Temanmu suka ngilang atau pura-pura lupa waktu punya utang? Gini cara nagihnya…

Dalam lingkaran pertemanan, memang yang namanya utang piutang kadang nggak bisa dihindarin. Karena udah ngerasa dekat, teman kadang suka seenaknya pinjam uang. Dari mulai minta dibayarin dulu saat makan, nonton, dia pengen beli sesuatu, terus ada juga momen di mana dia memang serius butuh pinjaman, misalnya mendadak sakit atau kecelakaan. 

Berawal dari pinjam meminjam ini, nggak jarang lho ada teman yang suka pura-pura lupa dan diam-diam berharap yang diutangin pun nggak ingat. Walau bagaimanapun, uang itu adalah hak kamu dan membayar utang adalah kewajibannya. Lalu, gimana ya caranya menagih utang pada teman?

Katanya sih mau transfer, tapi… (blogambarmeme.blogspot.com)

Pura-pura lagi butuh uangnya

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah saat menagih utang, beri tahu dia kalau kamu lagu butuh uang. Bilang aja kamu butuh ke dokter, harus beli laptop baru, butuh uang untuk service kendaraan atau mau kirim uang ke orang tua, kehabisan uang buat bayar kosan, dan sebagainya deh. Dengan cara ini, kemungkinan dia akan membayar utangnya karena nggak enak. 

Terus terang

Kalau cara pertama nggak berhasil, yuk cobain langkah selanjutnya, yaitu terus terang.  Nggak usah banyak basa-basi deh, langsung aja blak-blakan minta dia bayar utangnya karena… ya utang memang harus dibayar, kan? 

Beri penjelasan padanya kalau waktu itu kamu pun minjemin uang karena kasihan sama dia yang lagi butuh, tapi kok sekarang kayak nggak malu ya utangnya dilupain gitu aja. Kamu pun perlu mengingatkan bahwa dia harus tanggung jawab. Masa sih waktu itu bisa mohon-mohon agar dipinjamkan uang, sekarang kayak orang hilang ingatan.

Ketika yang ngutang lebih galak (vidio.com)

Berikan waktu 

Bukan nggak mungkin waktu kamu nagih dia memang belum punya uang. Sebagai teman yang baik, kamu boleh kasih dia waktu. Bikin kesepakatan soal tenggat waktu di mana dia, entah gimana caranya, harus balikin uang kamu. Kasih tau juga apa kira-kira konsekuensinya kalau dia nggak bayar-bayar juga.

Sindiran yang boleh juga (cermati.com)

Nagih di media sosial

Udah nagih tapi nggak dibayar-bayar juga tuh utang? Mendingan isengin aja di media sosial. Tagih utangnya biar semua orang tahu kelakukannya. Cara ini akan bikin dia malu dan kapok berususan sama kamu. Mungkin hubungan pertemanan kalian akan rusak, tapi relakan aja karena dia memang bukan teman yang baik dan nggak bisa dipercaya omongannya. 

Tagih ke rumahnya

Kalau kamu masih nggak merelakan uangmu, apalagi kalau jumlahnya besar ya, sebaiknya langsung datangin rumahnya. Kalau perlu, kasih tau orang tuanya mengenai masalah ini. Siapa tahu kan orang tuanya mau bertanggung jawab.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"