Tips Sehat Wanita Karir: Cocok Buat Yang Kesibukannya Seabrek!

Tips Sehat Wanita Karir: Cocok Buat Yang Kesibukannya Seabrek!

"Sudah, aku keluar dari diet, bolos kelas olahraga, ngemil keripik, dan makan malam di restoran cepat saji," erangnya.

Bagaimana niat terbaik, resolusi paling tegas, dan hukuman terberat jatuh begitu cepat? Apakah kita hanya lemah dan menyabot diri?

Mengapa begitu sulit untuk membentuk kebiasaan sehat terutama ketika kita tahu sebagai wanita profesional yang sibuk bahwa rencana kesehatan yang sukses tergantung pada mengadopsi kebiasaan sehat dan niat baik.

Adakah yang bisa kita lakukan untuk membuat perubahan sehat dan mengembangkan kebiasaan sehat yang kita inginkan?

Wanita sibuk (Maimaid.id)

Iya!

Dengan memahami apa kebiasaan itu dan bagaimana itu terbentuk.

Apa itu kebiasaan?

Kebiasaan adalah sesuatu yang sering kamu lakukan atau secara teratur.

Yang mungkin tidak kamu ketahui adalah bagaimana kebiasaan ini terbentuk di otak.

Bagaimana kebiasaan terbentuk?

Pada 2012, Charles Duhigg menerbitkan The Power of Habit. Di dalamnya, dia mengeksplorasi ilmu saraf di balik mengapa kita melakukan apa yang kita lakukan.

Apa yang ditemukan oleh Ilmuwan Saraf adalah:

· Perilaku kebiasaan kita menelusuri bagian otak yang disebut basal ganglia.

· Proses pengambilan keputusan kami ditelusuri ke korteks prefrontal.

Dua bagian otak yang terpisah.

Ganglia basal, dekat pusat tengkorak kamu, adalah tempat berkembangnya emosi, ingatan, dan pengenalan pola. Dari perspektif evolusi, itu adalah salah satu bagian tertua otak kita.

Korteks prefrontal, area tepat di belakang dahi kamu, adalah tempat pemikiran berasal. Dari perspektif evolusi, itu adalah salah satu bagian terbaru dari otak kita.

Secara neurologis apa yang terjadi adalah bahwa sebagian besar perilaku berasal dari korteks prefrontal seperti yang dipikirkan. Kemudian, ketika suatu perilaku menjadi kebiasaan, ia bergerak ke ganglia basal di mana ia otomatis.

Sekarang setelah kamu tahu apa yang terjadi di otak, inilah saatnya untuk memperkenalkan kamu pada 'lingkaran kebiasaan'.

Memperkenalkan lingkaran kebiasaan.

Lingkaran kebiasaan adalah lingkaran neurologis yang mengatur kebiasaan apa pun. Ini terdiri dari tiga komponen:

· Isyarat

· Rutin

· Penghargaan

Memahami komponen-komponen ini adalah apa yang membantu wanita profesional yang sibuk mengubah kebiasaan yang tidak sehat menjadi kebiasaan yang sehat.

Mari kita periksa setiap bagian dari kebiasaan:

1. Isyarat

Ada isyarat atau pemicu yang memberitahu otak kamu untuk masuk ke mode otomatis dan membiarkan perilaku terbuka. Ini adalah rangsangan atau pengalaman yang memulai lingkaran kebiasaan.

Contoh dari The Power of Habit: Ada seorang wanita yang tidak bisa berhenti menggigit kukunya meskipun itu menyebabkan banyak rasa sakit dan malu. Ketika ditanya oleh terapis kapan atau mengapa dia mulai menggigit, dia menggambarkan sensasi kesemutan di ujung jarinya. Sensasi ini adalah isyarat.

Langkah pertama dalam mengubah kebiasaan adalah menyadari isyarat itu.

Wanita (Marumah)

2. Rutin.

Ini adalah perilaku itu sendiri yang kita anggap sebagai kebiasaan.

Contoh dari The Power of Habit: Ketika wanita yang menggigit kukunya bosan dan merasakan kesemutan di ujung jarinya, tingkah lakunya yang lama adalah mulai menggosok-gosok ujung jarinya merasakan benjolan atau ujung. Ketika dia menemukan satu, dia akan mengunyahnya dan kemudian, dengan autopilot, melanjutkan untuk mengunyah setiap kuku di tangannya sampai kukunya benar-benar halus atau benar-benar dihapus.

Langkah kedua dalam mengubah kebiasaan adalah memprogram ulang kebiasaan tidak sehat untuk melakukan sesuatu yang lebih sehat.

Ketika wanita itu merasakan sensasi kesemutan datang (isyarat), dia mengganti menggigit kuku dengan menggosok jari-jarinya di lengan atau meja.

Perubahan sederhana ini dari menggigit kukunya hingga menggosok ujung jarinya di permukaan lain sudah cukup untuk menciptakan jalur saraf baru di otaknya.

3. Hadiah

Ini adalah sesuatu yang disukai otak kamu yang membantunya mengingat dan menyandikan lingkaran kebiasaan baru di masa depan.

Contoh dari The Power of Habit: Setelah seminggu tidak menggigit kukunya, dia menghadiahi dirinya sendiri dengan manikur.

Langkah ketiga dalam mengubah kebiasaan adalah menghargai kebiasaan sehat baru kamu.

"Kelihatannya sangat sederhana, tetapi begitu kamu menyadari bagaimana kebiasaanmu bekerja, begitu kamu mengenali isyarat dan ganjaran, kamu setengah jalan untuk mengubahnya. Sepertinya itu harus lebih kompleks. Yang benar adalah otak bisa menjadi diprogram ulang. kamu hanya perlu mempertimbangkannya. " Menurut peneliti modifikasi perilaku Dr. Nathan Azrin.

Namun, masih ada pertanyaan yang mengganggu, mengapa orang kembali ke kebiasaan tidak sehat mereka?

Itu karena ganglia basal. Ini menyimpan kenangan. Oleh karena itu, jalur saraf tidak terhapus. Mereka tetap.

Itu sebabnya kamu mendengar orang berkata, "Aduh, saya lupa dan kembali ke kebiasaan lama saya."

5 Kiat untuk Sukses

Cara terbaik bagi wanita profesional yang sibuk untuk mengubah kebiasaan yang tidak sehat adalah menggantinya dengan yang baru. Dengan begitu otak kamu menciptakan jalur saraf baru yang memungkinkan kamu untuk menggunakan kebiasaan itu.

tips sehat wanita karir

1. Jika kamu ingin membuat kebiasaan sehat tetap melekat, kamu harus mencintai kebiasaan kamu. Dan kamu melakukannya dengan terlebih dahulu mencintai diri sendiri.

2. Ketika kamu memutuskan untuk mengubah kebiasaan, pastikan kamu memilih pikiran dan aktivitas harian kamu dari tempat cinta, bukan kritik-diri.

3. Tetap fokus pada hasil positif yang kamu inginkan.

Mengubah kebiasaan membutuhkan penggantian rutin lama dengan yang baru. Terkadang ini terasa canggung karena ada langkah tidak nyaman yang harus diambil ketika memilih tindakan baru yang berkembang menjadi kebiasaan yang melayani kamu dengan lebih baik. Tetap fokus.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"