Tips Memperbaiki Komunikasi Dalam Hubungan Biar Nggak Berantem Melulu

Tips Memperbaiki Komunikasi Dalam Hubungan Biar Nggak Berantem Melulu

Komunikasi yang baik bisa bikin hubungan langgeng. Yuk perbaiki komunikasimu dengan pasangan!

Dalam sebuah hubungan percintaan, komunikasi adalah koentji. Salah ngomong, bisa jadi masalah. Salah paham, ya jadi masalah juga. Nggak susah kok menyelesaikan serentetan masalah antara kamu dan pasangan. Ya dengan berkomunikasi. 

Banyak banget masalah dalam hubungan berawal dari komunikasi yang buruk. Misalnya, pacar ngambekan, dianggap nggak peka, kurang perhatian, nggak bisa ngertiin, atau mungkin ada hal-hal yang nggak sesuai harapan. Kok bisa gitu? Ya karena komunikasinya buruk! 

Kalo komunikasi di antara kalian emang bagus, hal-hal semacam itu nggak akan terjadi. Kamu jadi peka karena tahu si dia maunya apa. Kamu pun jadi pacar pengertian karena dia ngasih tau apa yang dibutuhkan. Kamu pun akan bisa memenuhi harapannya, ya karena tau apa sih yang dia harapkan. 

Pastinya kalian pun bakalan jarang deh ngalamin yang namanya ngambek-ngambekan nggak jelas. Soalnya, waktu ada hal-hal yang mengganggu pikiran, bisa langsung diobrolin, dan kelar deh. Anti drama drama club! 

Walau kesannya kayak sepele banget, masih banyak kok pasangan yang komunikasinya nggak efektif, buruk malah. Kenapa? Bisa karena malu, nggak enakan, takut, gengsi, dan bla bla bla. 

Terus, gimana sih caranya biar komunikasi kamu dan pasangan jadi lebih baik?

Memperbaiki komunikasi (victoriabuzz.com)

Menahan diri

Kalo ada hal-hal yang bikin kamu pengen jawab dengan ngegas, biasin deh buat menanah diri. Tarik nafas dalam-dalam, diam sebentar. Komunikasi yang baik itu nggak selalu tentang ngomong nyerocos dan mengutarakan pendapat kok. So, biasanya diem dulu sebelum ngegas ya! 

Jadilah pendengar yang baik 

Meskipun kata-katanya kadang bikin kesel, jangan motong pembicaraan. Coba deh belajar jadi pendengar yang baik. Waktu dia lagi ngomong, simak baik-baik. Cerna setiap perkataannya biar nggak salah paham. Pasti kamu sering deh ngalamin, dia ngomong apa, kamu nangkepnya apa, terus ribut.

Komunikasi (stocksy.com)

Bikin jadwal buat ngobrol serius 

Udah bukan rahasia lagi deh kalo orang tuh suka mendem-mendem sesuatu, eh terus nanti meledak dan susah diperbaiki. Masalah komunikasi ini tuh emang nggak sederhana. Nggak semua pasangan juga bisa melakukannya dengan baik. 

Biar nggak terjadi ledakan-ledakan emosi, mending bikin jadwal ngobrol rutin deh, gengs. Misalnya tiap bulan atau tiga bulan sekali. Sekalian evaluasi hubungan kalian juga. 

Nah, waktu jadwal ngobrol udah tiba. Kamu dan pasangan bisa duduk bareng, terus saling meluapkan unek-unek. Boleh apa aja kok. Bisa sesuatu yang kamu harapkan atau hal-hal yang mengganggu pikiran.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"