Tips Eksfoliasi untuk Kamu yang Memiliki Kulit Berjerawat

Tips Eksfoliasi untuk Kamu yang Memiliki Kulit Berjerawat

Eksfoliasi  bermanfaat untuk semua jenis kulit, terutama untuk kulit yang rentan berjerawat. Tapi apa sebenarnya eksfoliasi itu? Secara sederhana, eksfoliasi adalah pengangkatan sel kulit mati. Exfoliant adalah produk atau prosedur yang mengurangi jumlah penumpukan sel mati pada kulit.

Kulitmu secara alami akan terkelupas, atau melepaskan sel-sel mati, melalui proses yang disebut deskuamasi. Namun pada penderita jerawat, proses alami ini tidak berjalan seefektif yang seharusnya. Sel kulit mati bertahan lebih lama dari seharusnya, menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo. Semua jerawat dimulai dari komedo.

Baik jerawat yang ringan atau parah, pengelupasan kulit secara teratur akan menghaluskan dan melembutkan kulit serta mencerahkan kulit kamu. Ini juga membantu mengurangi jerawat dengan menjaga pori-pori agar tidak tersumbat oleh nanah sel-sel mati dan sebum (minyak kulit).

Namun sebelum kamu kehabisan dan membeli scrub yang bersifat abrasif, luangkan waktu untuk mempelajari semua produk dan perawatan eksfoliasi yang tersedia. Memilih exfoliant yang tepat sangat penting untuk mendapatkan hasil yang baik tanpa mengiritasi kulit dan memperparah jerawat.

Dua Bentuk Eksfoliasi

Eksfoliasi wajah dengan bahan alami (news.yesdok.com)

Ada ratusan produk dan prosedur eksfoliasi yang tersedia saat ini, namun semuanya ditemukan dalam satu dari dua bentuk: physical atau chemical.

1. Physical Exfoliation

Kamu mungkin paling akrab dengan physical exfoliation. Physical exfoliation adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati dengan cara menggosok permukaan wajah menggunakan bahan atau alat yang bertekstur. Seperti: face scrub, konjac sponge dan cleansing brush atau clothing wash yang kasar yang mengandung microbeads atau scrub.

Physical exfoliation membuat kulit kamu terasa lembut dan halus, namun seringkali bukan pilihan eksfoliasi terbaik untuk kulit yang rentan berjerawat. Gesekan saat menggunakan physical exfoliation dapat mengiritasi kulit yang sudah meradang.

Menggosok dapat membuat kulit kamu tampak lebih merah dan memperburuk jerawat yang sudah ada karena mengiritasi dan memperparah kemerahan. Semakin jerawat meradang, semakin kamu ingin menghindari physical exfoliation.

2. Chemical Exfoliation



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"